Press "Enter" to skip to content

Membuat Situs Bagus Bertema Sastra

Di internet, terdapat jutaan situs atau website yang mengusung berbagai tema, mulai dari olahraga, situs berita, hingga situs populer. Situs-situs yang ada di internet itu menawarkan kelebihannya masing-masing, terutama dari segi konten dan tampilan. Setiap situs wajib memiliki ciri khas agar mampu menarik banyak pengunjung. Namun, di antara banyaknya situs yang beredar di internet, sangat jarang sekali kita temukan situs dengan tema sastra, yaitu situs yang khusus menampilkan berbagai tulisan yang berkaitan dengan karya sastra, mulai dari cerita pendek, puisi, ulasan sastra, hingga membahas buku-buku sastra terbaru. Padahal, pembaca sastra di Indonesia jumlahnya sangat banyak, dan kebutuhan akan situs bagus dengan tema sastra sangatlah besar. Sayang jika permintaan dan minat yang besar terhadap karya sastra tidak terlalu difasilitasi di internet. Oleh sebab itu, membuat situs bertema sastra merupakan salah satu hal yang cukup menjanjikan jika ingin menarik banyak pengunjung atau pembaca. Berikut ini adalah beberapa kiat membuat situs bertema sastra.

baca juga: Tips Membuat Website Bagus Situs Berita

Konten yang Harus Ditampilkan

Perbedaan mendasar antara situs sastra dengan situs lainnya terletak pada kontennya. Situs sastra hanya fokus menampilkan tulisan-tulisan dan berbagai hal yang masih berkaitan erat dengan sastra. Sebenarnya, ada banyak ranah atau kategori tulisan yang bisa dijajal oleh para pengelola situs sastra, misalnya, dengan cara menampilkan puisi atau cerita pendek terbaru kiriman pembaca. Puisi atau cerita pendek yang ditampilkan di situs sastra tersebut haruslah karya pilihan, yang kualitasnya benar-benar bagus, tidak asal memposting kiriman karya yang masuk.

Karya Sastra Terjemahan

Selain memposting karya kiriman pembaca, pengelola situs sastra harus menjaga kualitas konten dengan cara menerjemahkan karya-karya sastra terbaik dari para penulis dunia. Karya sastra penulis dunia yang kualitasnya sudah terjamin tentu akan mempertahankan mutus konten yang ditampilkan di situs tersebut. Terjemahkanlah cerita pendek karya sastra dunia yang sudah menjadi klasik, atau penulis-penulis terkemuka peraih nobel atau penghargaan sastra lainnya secara berkali, misalnya dengan memposting karya terjemahan tersebut setidaknya seminggu sekali.

Wawancara Penulis dan Buku Terbaru

Yang tidak kalah penting dari karya sasta adalah sesuatu di balik karya tersebut, baik tentang pengarang ataupun proses kreatifnya. Oleh sebab itu, menampilkan wawancara dengan penulis-penulis terkemuka atau penulis yang baru menerbitkan buku terbaru patut juga dilakukan oleh pengelola situs sastra agar menjadi situs bagus yang memiliki banyak pengunjung. Umumnya, penulis akan sangat senang jika ditanya mengenai proses kreatif atau karya terbarunya.

Selain wawancara, tampilkan pula informasi mengenai buku-buku sastra terbaru yang layak dibaca, baik sekadar ditampilkan foto covernya, atau lebih baik jika ditampilkan resensi bukunya. Mengelola sebuah situs bagus memang membutuhkan ketekunan. Ketekunan dan keseriusan pengelola situs sastra akan berdampak langsung pada jumlah pembaca atau pengunjung di situs tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *