Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Review Website yang Baik

Bagi penulis blog atau blogger tentunya seringkali membuat review, seperti review film, review produk, hingga review website. Pada dasarnya, dalam pembuatan review sebenarnya hampir sama, hanya saja beda objek yang direview.

Membuat review adalah membuat ulasan, apabila review film maka yang diulas adalah mengenai jalan cerita, akting aktor dan aktrisnya, kelebihan film, kekurangan film, dan lain sebagainya. Review produk pun hampir sama, pasti ada bagian dari review yang membicarakan kelebihan serta kekurangan produk tersebut.

baca juga: Peluang Bisnis Internet untuk Penulis

Ketika menulis pembukaan, review haruslah memperkenalkan objek yang diulas, seperti misalnya tampilan secara kasat mata. Apabila mengulas website, maka untuk pembukaan yang diulas adalah konsep website dan pembahasan utama website tersebut.

Selanjutnya adalah bicarakan mengenai konsep dari website tersebut, apa saja isi dari website tersebut, dan apa tema dari website. Apakah warna dan layoutnya sesuai dengan konsep website ataukah tidak.

Kemudian ulas juga mengenai loading website, apakah lama ataukah cepat. Tulis yang sejujurnya, karena ini juga akan menjadi bahan perbaikan bagi pengelola website di kemudian hari.

Perhatikan Widget, Sidebar, dan juga navigasi, apakah widget dan bagian sidebarnya memudahkan pengunjung website atau malah justru mengganggu. Lihat juga bagian navigasi, apakah memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk menemukan sesuatu yang dicari di website tersebut ataukah tidak.

Mengulas website tak lengkap jika tak membicarakan konten atau isi. Website yang baik tentunya berisi konten yang sejalur atau sesuai dengan tema atau konsep website, apabila ada konten yang tidak sesuai, maka ini bisa dikatakan menjadi kekurangan dari website tersebut.

Ulasan tambahan mengenai website juga bisa dilihat dari kesesuaian font, apakah bisa dibaca dan ramah di mata ataukah tidak, dan apakah justru membuat tampilan website menjadi semrawut karena kesalahan dalam memilih font.

Gambar-gambar yang ada dalam website pun perlu diulas, karena gambar merupakan media pendukung yang bisa membuat website semakin baik atau justru semakin buruk. Mengulas website memang haruslah secara keseluruhan, bagaimana para reviewer harus bisa memahami segala macam bagian dari website yang diulas dan jangan sampai terlewat.

Menulis review website haruslah jujur, apabila ada yang baik dan buruk haruslah dikatakan dan dijelaskan, akan lebih baik jika disertai pula dengan solusi yang membangun. Pemilihan kata ketika menulis review untuk website juga perlu diperhatikan, kritik dan cemoohan tentunya beda, oleh karena itu apabila memang berniat mengkritik, maka pilihlah kalimat yang ramah dan memotivasi.

Review website selain harus jujur mengulas tentang apa saja yang dilihat di website, juga harus jujur ketika menulisnya. Jangan sampai copy paste, karena itu juga merupakan tanda ketidakmampuan untuk menulis review.  

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *