Press "Enter" to skip to content

Tips Memilih Situs Beli Online Terpercaya

Dunia e-commerce tanah air memang sedang semarak dan naik daun, hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang aktif bertransaksi di situs beli online. Akan tetapi, banyaknya situs jual beli online seringkali membuat para konsumen bingung karena harus memilih dan memilah mana situs terpercaya dan mana yang tidak. Hal ini karena banyaknya penipuan lewat situs jual beli online ini, oleh karena itu berikut ini adalah tips yang harus dilakukan ketika memilih situs jual beli online yang terpercaya:

  1. Mempunyai Layanan Customer Service 24 Jam

Pilih situs jual beli yang mempunyai layanan customer service 24 jam. Adanya customer service ini selain menunjukkan keprofesionalitasan sebuah situs juga jadi bentuk layanan dari situs tersebut kepada para pelanggan, sehingga pelanggan bisa menghubungi layanan customer service ketika ingin menanyakan sesuatu, seperti status pembelanjaan atau status pengiriman barang.

  1. Kelengkapan Metode Pembayaran

Situs jual beli yang terpercaya dan profesional biasanya memiliki metode pembayaran yang lengkap, baik itu transfer via ATM, virtual akun, internet banking, juga menggunakan paypal, atau kartu kredit. Dengan metode pembayaran yang lengkap tentunya akan memberikan kemudahan bagi pelanggan ingin menggunakna metode pembayaran yang mana.

  1. Mempunyai Halaman Panduan Belanja

Masing-masing situs belanja biasanya memiliki aturan pembelanjaan yang berbeda, dan untuk situs belanja profesional dan terpercaya biasanya mempunyai halaman panduan belanja, selain untuk mempermudah pelanggan, juga menunjukkan bahwa tidak ada uncur penipuan dalam situs tersebut. Akan lebih baik lagi jika situs tersebut memiliki channel FAQ (Frequently Ask Question) yang berisikan pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan tentang segala macam hal mengenai situs jual beli ini.

  1. Pendukung Situs Jual Beli

Sebuah situs beli online profesional dan terpercaya biasanya mendapatkan dukungan dari pihak luar, misalnya seperti bank-bank besar nasional, jasa pengiriman barang, dan pihak pendukung lainnya. Hal ini tentunya bisa menjadi nilai plus mengenai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap situs jual beli ini.

  1. Kredibilitas Situs Jual Beli

Sebelum berbelanja di situs tersebut, ada baiknya untuk mencari tahu tentang kredibilitas situs di mata pihak luar, salah satunya adalah dari tingkat kepercayaan masyarakat yang menggunakan situs tersebut. Hal ini bisa dilihat dari testimonial pelanggan terhadap situs tersebut, baik dalam sisi produk, pelayanan, dan lain sebagainya. Lihat juga peningkatan bisnis yang dialami oleh perusahaan yang mengelola situs tersebut. Selain itu penghargaan yang diterima oleh perusahaan situs jual beli juga bisa menjadi acuan atau pertimbangan saat akan menggunakan situs tersebut untuk bertransaksi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika memilih situs beli online terpercaya, jangan sampai salah memilih situs jual beli karena bisa menimbulkan kekecewaan hingga kerugian materi.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *