Press "Enter" to skip to content

Ciri-Ciri Website Bagus

Website merupakan salah satu media yang sangat penting di era modern sekarang ini, tak hanya untuk menyebarkan informasi, namun bisa juga untuk mendapatkan uang, baik itu berupa toko online, maupun dari iklan. Apabila ingin membuat website, maka buat website yang bagus. Lalu seperti apa website bagus itu? Berikut ciri-cirinya:

baca juga: Ciri-ciri Website Bagus dan Cocok untuk Berjualan Online

  1. Halaman Ringan

Pengunjung tentunya senang membuka website yang ringan sehingga loadingnya cepat dibandingkan website yang lambat dibuka karena banyaknya konten atau gambar dengan ukuran besar. Oleh karena itu jika ingin membuat website, buatlah halaman seringan mungkin dan optimalkan gambar seminimal dan seefisien mungkin.

  1. Konten Berkualitas

Website bagus adalah website yang memiliki konten-konten berkualitas yang mana konten-konten tersebut tak hanya menarik, namun juga banyak dicari oleh pengguna internet, seperti misalnya konten mengenai pengetahuan, tutorial, dan info-info penting lainnya.

  1. Kombinasi Warna Sederhana

Website yang bagus adalah website yang memiliki kombinasi warna sederhana. Warna yang beragam memang menarik, akan tetapi tetap harus disesuaikan dengan isi website. Bahkan website-website ternama biasnaya hanya memiliki dua kombinasi warna saja. Pilih warna dengan paduan yang serasi, baik itu untuk warna background, warna teks, dan lain sebagainya.

  1. Navigasi Sederhana

Navigasi haruslah sederhana dan tidak rumit agar pengunjung tidak bingung mencari bar navigasi agar pengunjung dapat menemukan halaman yang mereka cari dengan cepat.  

  1. Struktur yang Baik

Pengaturan website haruslah baik, termasuk pada bagian strukturnya, elemen berupa paragraf, teks, widget, banner iklan tidak boleh asal-asalan dan harus teratur agar website tidak terlihat kacau.

  1. Pemilihan Font yang Tepat

Agar nyaman ketika dibaca pengunjung website, maka font teks haruslah familiar, ukurannya pun harus sesuai, jangan terlalu kecil, dan jangan terlalu besar. Penggunaan tanda baca dan lain sebagainya pun harus tepat.

  1. Tidak Dipenuhi Iklan

Pengelola website biasanya memang mendapatkan pemasukan dari iklan, akan tetapi website yang bagus tidak serta merta harus dipenuhi dengan iklan. Banyaknya iklan yang muncul justru bisa mengalahkan konten website dan menghalangi pengunjung untuk membaca konten.

  1. Menggunakan Gambar yang Benar

Gambar yang ditempatkan di website haruslah yang proporsional, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Gambar yang terlalu besar akan memenuhi halaman website selain itu juga mengganggu tampilan website. Jika menggunakan animasi untuk desain website, pastikan juga jika animasi yang digunakan tidak berlebihan. Demikian juga apabila menggunakan tampilan audio di website.   

  1. Mempunyai Sitemap

Jika website termasuk kompleks, maka pastikan sitemap memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi website secara maksimal.

Itulah ciri-ciri dari website bagus yang bisa diikuti. Apabila ingin membuat website yang bagus maka perlu diperhatikan ciri-ciri tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *