Press "Enter" to skip to content

Tips Beli Online Mobil

Mobil bisa dikatakan masih menjadi barang mewah bagi masyarakat di Indonesia, oleh karena itu ketika melakukan pembelian haruslah berhati-hati terutama yang ingin beli online mobil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertipu, yaitu sebagai berikut:

baca juga: Tips Belanja di Situs Jual Beli Online

  1. Buat Checklist

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat checklist atau daftar nama-nama mobil apa saja yang memiliki peluang besar untuk dibeli, selain sesuai dengan kebutuhan, juga pastikan sesuai dengan budget.

  1. Investigasi Penjual

Ketika menjadi pembeli di dunia maya, maka haruslah menjadi pembeli yang pintar, salah satunya adalah dengan menginvestigasi penjual mobil terlebih dahulu, bagaimana gerak-geriknya, caranya berkomunikasi, dan tanyakan lengkap mengenai nama, alamat, serta foto ktp, dan nomor telpon. Hal ini tentunya sangatlah penting, apalagi untuk membeli mobil tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit, dan tentunya kita tidak ingin mengalami kerugian. Pembeli haruslah pintar ketika melihat kejanggalan sekecil apapun.

  1. Teliti Foto

Foto mobil tentunya menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli, dengan memajang foto-foto mobil yang bagus dan mulus, para penjual mencoba menarik hati para calon pembeli. Akan tetapi, tak sedikit kejadian yang mana foto yang dipajang bukanlah foto asli, melainkan hanya mengambil dari internet. Hal ini tentunya bisa menyebabkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, ketika sudah berkomunikasi dengan penjual saat beli online mobil, setidaknya minta 20 foto mobil yang akan dibeli dari berbagai sisi. Perhatikan foto-foto tersebut, apakah ada kejanggalan ataukah tidak.  

  1. Tanyakan Beragam Hal

Menjadi pembeli yang cerewet bukanlah sebuah kesalahan, apalagi barang yang dibeli bernilai mahal. Apabila penjual tidak suka dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan coba menghindar, maka perlu diwaspadai.

  1. Teliti Mobil

Saat sudah berada di lokasi pembelian mobil, maka teliti mobil secara langsung agar lebih jelas. Jangan lupa untuk membawa foto-foto yang diberikan oleh penjual untuk kemudian dicocokkan dengan mobil versi aslinya. Jangan hanya meneliti bodynya saja, akan tetapi teliti juga aki, mesin, rem, dan lain sebagainya.

  1. Test Drive

Untuk lebih meyakinkan diri sebelum membeli, minta ijin untuk melakukan test drive, jika penjual tidak percaya apabila kita ingin test drive sendiri, maka bisa didampingi oleh penjual untuk bisa sekalian menanyakan beragam hal yang dirasakan selama menjalani test drive.

Pihak Ketiga

Membeli mobil secara online memang sangatlah rawan, karena sudah banyak penipuan yang terjadi di dunia maya, oleh karena itu butuh perantara menggunakan rekening bersama yang aman. Hal ini untuk menghindari terjadinya penipuan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan apabila ingin beli online mobil agar tidak tertipu oleh banyak pelaku kriminal yang memiliki beragam modus saat melakukan kejahatan.  

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *