Press "Enter" to skip to content

Trik Mengikuti Lomba Website Review

Sekarang ini ada berbagai macam lomba menulis, salah satunya adalah lomba menulis website review. Lomba ini biasanya diadakan oleh pemilik website untuk mengetahui pandangan orang lain mengenai website yang dimiliki. Lalu apa saja yang harus dilakukan jika ingin mengikuti lomba tersebut agar bisa menang?

baca juga: Peluang Bisnis Internet untuk Penulis

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mengunjungi website yang dilombakan. ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’, begitulah yang dikatakan oleh orang bijak. Oleh karena itu, apabila ingin mengetahui sesuatu dan seluk beluknya, tentunya harus mengenalnya terlebih dahulu, begitu juga dengan website, haruslah mengunjungi website tersebut agar tahu mengenai kelebihan serta kekurangannya. Lalu dalam website review, apa saja yang harus diulas?

  1. Loading Website

Pertama yang harus diulas adalah loading ketika membuka website tersebut, baik itu ketika membuka homepage, maupun ketika membuka main page. Seorang tamu yang berkunjung tentunya akan mengetuk pintu, apabila membuka pintunya lama, tentunya tamu akan jengkel. Begitu juga ketika membuka halaman website, website dengan loading yang lama tentunya akan membuat pengunjung kabur. Oleh karena itu, ini sangat penting untuk diulas.

  1. Konten Website

Ulas mengenai konten atau isi website, apakah nama website, judul konten dan isi kontennya sesuai ataukah tdak. Usahakan untuk memberikan penilaian secara objektif. Jangan membuat review yang berbelit-belit dari isi website tersebut. Jangan pula mengulas konten website terlalu bertele-tele atau terlalu panjang.

  1. Widget, Sidebar, Navigasi, Font, Dsb

Widget, navigasi, sidebar, font, dan elemen pendukung dalam website pun perlu diulas. Pengunjung website tentunya suka memperhatikan elemen website, bukan hanya konten website saja, oleh karena itu apabila terdapat kelemahan pada elemen pendukung maka harus juga ditulis. Menulis review haruslah jeli, termasuk menulis mengenai sisi negatif dari website tersebut agar pemilik website ke depannya bisa memperbaiki kekurangan dari website tersebut.

  1. Penilaian Tambahan

Saat membuat review website, bisa juga membuat penilaian tambahan dan emnggunakan kalimat-kalimat yang bisa memikat, khususnya dewan juri lomba, misalnya dengan membuat kalimat pengandaian, menyisipkan pantun, puisi, atau quote bijak. Hal ini bisa menjadi nilai lebih selama tidak bertentangan dengan norma, atau dengan kata lain tidak copy paste. Apabila membuat review website sebuah toko online, bisa dengan memberikan ulasan positif dan bukti jika pernah berbelanja di website toko online tersebut. Tak ada salahnya untuk membeli produk dari website toko online tersebut, hal ini untuk mencari pengalaman yang kemudian bisa ditulis ke dalam review mengenai kualitas barang serta pelayanan dari website toko online tersebut. .

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika menulis website review untuk lomba, dan yang terpenting tentunya adalah tidak copy paste, karena hal tersebut melanggar aturan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *