Press "Enter" to skip to content

3 Sistem Transaksi Belanja Di Online Shop Indonesia

Bagi pembaca yang sedang mencari informasi seputar online shop Indonesia, khususnya mengenai metode pembayaran belanja online bisa membaca artikel ini hingga tuntas. Karena dalam artikel ini kami akan memberikan informasi seputar transaksi belanja online yang harus Anda ketahui, terutama bagi Anda yang senang belanja di toko atau situs online.

Seiring dengan semakin menjamurnya toko online di internet, semakin memudahkan dan memberikan banyak pilihan masyarakat untuk belanja online. Namun penting diketahui bahwa metode pembayaran online berbeda dengan metode pembayaran penjualan konvensional (offline). Berikut ini 3 jenis transaksi online shop Indonesia yang paling banyak digunakan.

Transfer Antar Bank

Jenis transaksi yang paling banyak digunakan di situs belanja online adalah pembayaran dengan transfer antar bank. Kelebihan pembayaran ini adalah simple dan lebih memudahkan proses konfirmasi karena bisa dicek langsung oleh penerima dan penjual.

Namun kekurangan transaksi ini adalah diperlukan kepercayaan yang tinggi dari para konsumen sebelum memutuskan mengirim dana. Karena tidak sedikit terjadi penipuan, setelah uang dikirim namun barang tidak datang. Oleh sebab itu kredibilitas penjual dijadikan tolak ukur para konsumen.

Cash On Delivery

Cash on Delivery atau lebih dikenal dengan singkatannya COD merupakan cara lama transaksi yaitu antara penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan pembayaran. Keuntungan menggunakan transaksi model ini adalah penjual dan pembeli lebih leluasa dalam proses transaksi. Pembeli bisa melihat dengan detail barang yang dibeli bahkan bisa melakukan proses tawar menawar.

Namun kekurangan sistem pembayaran ini adalah dari segi keamanan, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Karena bisa saja salah satu pihak berniat jahat. Oleh karena itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya pilih tempat yang aman, contohnya ditengah keramaian atau ditemani teman.

Rekening Bersama

Rekber atau rekening bersama adalah sistem pembayaran menggunakan rekening atas nama bersama atau disebut dengan istilah escrow. Sistem pembayaran ini berbeda dengan pembayaran transfer antar bank. Jika dalam pembayaran antar bank, pihak ketiganya adalah bank sedangkan pada rekening bersama yang menjadi pihak ketiganya adalah lembaga pembayaran yang dipercaya oleh pihak penjual maupun pembeli.

Oleh karena itu peran lembaga pembayaran sangat penting. Proses pembayaran ini adalah pertama-tama pembeli mentransfer uang ke pihak lembaga rekber. Setelah ada konfirmasi dana masuk ke rekening, kemudian pihak rekber meminta penjual untuk mengirim barang yang sudah dipesan kepada pembeli. Nah, baru setelah barang sampai pihak ketiga akan mengirimkan ke pihak penjual. Keuntungan menggunakan sistem transaksi ini lebih terjamin keamanannya.

Itulah 3 jenis transaksi yang popular digunakan di situs atau toko online shop Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *