Press "Enter" to skip to content

Tips Menulis Review Elektronik

Review merupakan kegiatan mendedah dan mengulas sebuah produk dan hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut sebagai informasi kepada pembaca/ orang lain agar mereka memiliki pandangan mengenai keunggulan dan kelemahan produk tersebut. Tidak hanya mendedah setiap hal yang berkaitan dengan produk, seorang penulis review juga perlu memberikan penilaian secara objektif agar pembaca mengerti mengenai kesimpulan baik dan buruknya produk itu. Produk yang direview bisa apa saja, mulai dari buku, produk kecantikan, fashion, produk elektronik, bahkan juga kendaraan bermotor. Review tersebut biasa ditayangkan di berbagai media, baik media cetak maupun media online untuk mendapatkan pembaca yang lebih luas. Berikut ini akan diulas mengenai berbagai tips menulis review elektronik yang informatif bagi pembaca.

Membahas Produk Secara Rinci

Hal pertama yang harus dibahas ketika menulis review elektronik adalah menjelaskan secara rinci produk yang dijadikan objek review. Misalnya akan mereview sebuah buku, jelaskan judul buku tersebut, nama penulisnya, berapa ketebalan/ jumlah halamannya, kalau perlu juga sebutkan penerbit yang menerbitkan buku tersebut. Hal ini juga berlaku bagi produk lainnya. Misalnya produk yang akan diulas adalah kamera, maka penulis harus menyebutkan apa nama kamera tersebut, merk dan serinya, produsen yang memproduksinya, dan jika perlu adalah kode produksinya. Hal ini akan menjadi sangat vital sebab membahas sebuah produk tanpa mengetahui nama produknya akan menjadi sia-sia.

Membahas Spesifikasi Produk

Inti dari review produk sebenarnya adalah terletak pada uraian mengenai spesifikasinya. Hal paling pokok yang ingin diketahui oleh pembaca dari sebuah review adalah spesifikasinya. Spesifikasi meliputi apa saja yang terkandung atau fasilitas dari produk tersebut. Misalnya produk yang direview adalah komputer, maka penulis harus menjelaskan dapur pacu komputer tersebut, prosesornya, memori hardisknya, ukuran RAM-nya, dan berbagai spesifikasi lainnya. Dari spesifikasi yang diuraikan tersebut, pembaca akan mendapatkan pandangan awal mengenai fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah produk elektronik. Selain spesifikasi, penulis juga harus menguraikan berbagai fitur tambahan yang dimiliki oleh sebuah produk elektronik.

Desain Produk

Desain juga merupakan hal yang penting untuk diulas. Setiap produk elektronik memiliki desainnya masing-masing yang berbeda-beda, dan untuk membedakan sebuah produk, biasanya produsen akan memproduksi alat elektronik dengan desain yang berbada-beda, baik dari segi bentuk, ukuran, bahan, hingga warna.

Penilaian Penulis

Penilaian atau pendapat penulis sering dianggap sebagai penilaian yang subjektif. Namun ketika menulis review elektronik, penulis harus memberikan penilaian atau kesimpulan yang jujur, bisa dengan menggunakan teori perbandingan atau dengan menilai berdasarkan spesifikasi yang dimiliki oleh alat elektronik tersebut. Penilaian penulis meliputi kelebihan dan kelemahan sebuah produk, juga pendapat akhir yang diberikan untuk penilaian menyeluruh atas semua aspek yang dimiliki oleh produk elektronik yang dibahas tersebut. Jika perlu, penulis bisa memberikan poin angka atau nilai dari produk tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *