Press "Enter" to skip to content

Kiat Mengelola Situs Bagus untuk Pribadi

Di internet terdapat jutaan situs dengan fungsi dan tujuannya masing-masing, ada situs yang berfungsi sebagai penyedia video, situs berita, situs media sosial, bahkan juga situs pribadi. Pengelolaan situs tersebut juga bermacam-macam, ada yang dikelola oleh korporasi atau lembaga, ada juga yang dikelola secara pribadi atau perorangan. Adapun tujuan dibuatnya sebuah situs website juga bermacam-macam, ada yang untuk tujuan bisnis atau komersil, ada juga yang sekadar untuk media curhat dan menampung tulisan pribadi. Banyaknya situs yang ada di internet tersebut tentu memaksa setiap pengguna internet memilih situs yang benar-benar penting dan informatif. Khusus untuk situs pribadi, potensi kunjungan situs pribadi yang sangat sedikit membuat pemilik situs tersebut harus melakukan berbagai inovasi agar situs miliknya menjadi situs bagus. Berikut ini adalah beberapa kiat mengelola situs pribadi agar menarik untuk dikunjungi.

  1. Memilih Desain yang Minimalis

Salah satu bagian terpenting dari sebuah situs pribadi adalah desainnya. Desainlah yang membedakan antara satu situs dengan situs lainnya. Seringkali, para pemilik situs pribadi cenderung menggunakan templates yang sudah tersedia di berbagai situs penyedia desain website, sehingga kemungkinan memiliki website yang desainnya sama dengan website milik orang lain sangatlah besar. Jika sudah demikian, faktor keunikan dari website tersebut akan berkurang karen desainnya sama dengan situs orang lain. Buatlah desain website sendiri, dengan cara mengikuti tutorial membuat desain website yang tersedia di internet. Pilihlah desain yang minimalis, jangan yang kompleks. Dengan memilih atau membuat desain yang minimalis, maka pengunjung hanya akan terfokus pada konten atau postingan di situs Anda, bukan pada desainnya.

Baca juga: Cara Mencari Situs Beli Online Terpercaya di Internet

  1. Background yang Netral

Seringkali, karena ingin berinovasi dengan website miliknya, seseorang cenderung memilih gambar berupa potret diri atau gambar yang disukainya sebagai background situs tersebut. Padahal, memilih foto pribadi sebagai background akan mengganggu kenyamanan pengunjung. Pilihlah backgroun dengan warna, corak, atau gambar yang netral, misalnya bercorak seperti buku tulis, berwarna kalem, dan warna netral lainnya sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama mengunjungi situs Anda. Selain background yang netral, sebuah situs bagus harus memiliki pengorganisasian yang baik dalam hal penataan letak gambar dan background.

  1. Font dan Tipografi

Jika ingin pembaca dapat menikmati konten tulisan yang Anda posting di situs pribadi Anda, pilihlah font yang nyaman dilihat dan pastikan tulisan dapat terbaca dengan baik. Ukuran font juga harus ideal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga mata pembaca tidak cepat lelah ketika menikmati konten di situs Anda. Selain font, tipografi juga merupakan hal yang penting dalam mengelola situs bagus. Aturlah tipografi situs utamanya tulisan agar pembaca dapat nyaman, dan jangan sampai tipografi justru membuat tulisan terpotong.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *