Press "Enter" to skip to content

Tips Membuat Website Bagus

Di internet, terdapat berbagai macam website, mulai website penyedia video atau film gratis, website berita, website tips dan pengetahuan, bahkan website pribadi untuk menampung berbagai tulisan dan curahan hati para pemiliknya. Di internet, terdapat milyaran website, baik yang dikelola oleh lembaga, kelompok, bahkan oleh perseorangan. Kemudahan akses untuk pembuatan website, dan tersedianya berbagai domain gratis yang membuat setiap orang bisa membuat website sesuai dengan keinginannya, merupakan penyebab utama mengapa di internet terdapat banyak sekali website yang dapat diakses. Karena saking banyaknya jumlah website di dunia, para pengguna internet biasanya memiliki situs atau website favoritnya masing-masing untuk dikunjungi, dan hanya website yang bagus dan menariklah yang akan memiliki banyak pengunjung. Berikut ini akan dibahas mengenai tips membuat website bagus agar menarik untuk dikunjungi.

  1. Desain Web yang Menarik

Hal yang paling mendasar dan paling penting yang membedakan sebuah website dengan website lain adalah tampilan atau desainnya. Banyak sekali situs penyedia desain website yang bisa dikunjungi dan diakses secara gratis, sehingga tidak jarang para pemilik website akan menggunakan layanan desain gratis untuk mendandani tampilan websitenya. Padahal, dengan mengandalkan desain gratis, website yang Anda miliki akan memiliki tampilan yang sama dengan banyak sekali website lain, sehingga website Anda tidak memiliki ciri khas dari segi tampilan. Desainlah website sesuai dengan karakter Anda, dengan mengandalkan jasa web desainer atau belajar secara otodidak, sehingga desain web Anda akan menarik dan berbeda dengan desain website lainnya.

  1. Tipografi

Tipografi juga merupakan bagian terpenting dari sebuah website bagus. Tipografi berkaitan dengan tata letak posting tulisan, pemilihan font, hingga ukuran font secara detail, mulai dari judul tulisan hingga konten. Aturlah website Anda sehingga nyaman dilihat mata, mulai dari pencahayaan, tata letaknya sehingga pengunjung bisa membaca postingan Anda dengan nyaman, dan terutama adalah font dan ukuran tulisan. Jika ingin mencari rujukan tentang font terbaru, kunjungilah Google Fonts dan Typekit untuk mencari referensi font yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Konten

Bagaimanapun, konten adalah nyawa sebuah website. sebagus apapun tampilan desain dan tipografi sebuah website, tidak akan ada artinya tanpa dibarengi dengan konten yang bagus secara kualitas tulisan, dan menarik secara tema maupun topiknya. Konten biasanya berkaitan dengan tema yang diusung sebuah website. Misalnya tema website tersebut adalah Traveling, maka konten yang diposting atau ditampilkan website tersebut akan berkaitan dengan traveling, misalnya destinati wisata yang menarik, catatan jalan-jalan, panduang mengunjungi sebuah tempat, dll.

Tidak hanya berkaitan dengan tema, sebuah konten pada website bagus harus ditulis dengan baik pula, dengan bahasa yang enak untuk dibaca, tulisan yang informatif dan akurat, dengan bahasa yang khas sehingga website yang Anda miliki memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *