Press "Enter" to skip to content

Tips Mengikuti Lomba Website Review

Review merupakan sebuah kegiatan memberikan penilaian terhadap sebuah website atau situs internet. Dalam memberikan penilaian tersebut, si pengulas atau si penulis harus memberikan pandangannya mengenai kelebihan dan kekurangan situs tersebut, keunikannya, dan semua hal yang berkaitan dengan website yang dijadikan objek bahasan. Menilai sebuah website seringkali dilakukan oleh penulis terutama oleh blogger untuk berbagi informasi mengenai website yang mereka sukai. Namun tidak jarang pula, banyak penulis yang menulis review website untuk diikutsertakan dalam lomba review yang diselenggarakan oleh pemilik website atau pihak tertentu untuk memperkenalkan sebuah website ke khalayak luas. Sebelum mengikuti lomba website review, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh para calon peserta. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengikuti lomba review website.

Memperhatikan Persyaratan

Setiap lomba pasti memiliki persyaratan tertentu. Ada yang persyaratannya mudah, namun ada pula yang persyaratannya sangat menyulitkan dan membebani calon peserta. Sebelum memutuskan mengikuti lomba website review, perhatikan secara teliti semua persyaratan yang dibebankan oleh pihak penyelenggara lomba. Jika semua persyaratannya mudah, lomba tersebut bisa diikuti. Namun jika persyaratannya sangat memberatkan, sebaiknya mencari lomba lain saja. Salah satu persyaratan yang memberatkan ketika lomba review misalnya adalah harus membayar uang pendaftaran, atau harus membeli produk tertentu. Padahal, mereview sebuah website akan menguntungkan pihak penyelenggara karena secara tidak langsung penulis sudah mempromosikan website tersebut. Jika penyelenggara mengharuskan pesertanya membayar, maka penyelenggara hanya ingin mencari keuntungan sepihak saja.

Mempertimbangkan Tema

Biasanya, penyelenggara memberikan tema besar di setiap lomba. Perhatikan tema lomba review yang akan diikuti. Jika temanya berat dan tidak dikuasai oleh penulis, sebaiknya lomba tersebut tidak diikuti. Sebab selain buang-buang waktu, kemungkinan memenangkan loma dengan tema yang tidak dikuasai sangatlah kecil.

Baca juga: Inilah Isi Situs Online Shop yang Dijamin Membuat Pengunjung Jadi Pembeli

Melihat Penyelenggara dan Juri

Pihak penyelenggara juga harus dipertimbangkan sebelum penulis memutuskan ikut lomba mengulas website. Carilah lomba yang diselenggarakan oleh pihak yang terpercaya, misalnya perusahaan tertentu yang sudah dikenal luas nama dan produknya. Selain itu, pastikan bahwa penyelenggara lomba review tersebut adalah pihak yang dapat dipercaya, identitas dan alamat penyelenggaranya jelas, sehingga jika kelak terdapat hal yang tidak diinginkan, peserta bisa melakukan protes. Selain penyelenggara, juri juga harus diperhatikan. Ikutilah lomba dengan juri yang kompeten, sebab selain lebih objektif dalam menilai, banyak ilmu yang bisa diserap dari juri yang kompeten.

Memperhatikan Hadiah yang Ditawarkan

Hadiah lomba yang dijanjikan oleh pihak penyelenggara seringkali menggiurkan para calon peserta. Bahkan, banyak sekali calon peserta lomba website review yang hanya mempertimbangkan jumlah hadiah yang dijanjikan di atas hal-hal yang lain. Sebelum mengikuti lomba, sebaiknya calon peserta lomba review memperhatikan apakah total hadiah yang dijanjikan tersebut sesuai/ masuk akal dengan kemampuan finansial pihak penyelenggara. Jangan sampai penulis terjebak pada lomba abal-abal dan kemudian kecewa karena hasil dari lomba tersebut tidak seperti apa yang dijanjikan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *