Press "Enter" to skip to content

Cara Bergabung dengan Online Shop Indonesia

Menjadi pebisnis online dengan mengandalkan internet saat ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Namun sayangnya, tidak semua pebisnis melek teknologi internet, dan belum bisa memanfaatkan internet secara maksimal. Bagi pebisnis sukses, hal ini tentu bukan masalah karena mereka bisa membayar orang untuk menangani bisnis online mereka. Namun bagi pebisnis kecil yang minim budget, membayar orang untuk menangani bisnis online mereka tentu adalah perkara yang memberatkan. Padahal sebenarnya, membangun bisnis online sangat mudah dilakukan, salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan berbagai online shop Indonesia yang menyediakan lapak gratis untuk penjual, sehingga para pebisnis dapat berbisnis secara online. Berikut ini adalah cara bergabung dengan online shop Indonesia dengan mudah.

Mendaftar di situs penyedia online shop tidak ubahnya seperti menyewa toko di sebuah mall. Perbedaannya, jika menyewa toko atau lapak di mall mengeluarkan beaya yang besar, di internet banyak situs penyedia toko agtau lapak gratis.

Mendaftar Sebagai Anggota

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan mulai membangun bisnis online dengan memanfaatkan situs e-commerce yang sudah ada adalah dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota situs tersebut. Caranya cukup mudah, cukup klik kolom SIGN IN, dan ikutilah petunjuk pengisian. Isilah kolom yang kosong secara lengkap dengan data yang benar. Kolom-kolom kosong tersebut seperti halnya blangko yang harus diisi ketika mendaftar di berbagai lembaga. Biasanya, online shop Indonesia akan menyediakan kolom dengan petunjuk berbahasa Indonesia, sehingga akan memudahkan calon anggota yang ingin mulai berbisnis online dengan memanfaatkan situs jual beli secara gratis tersebut.

Menunggu Verifikasi

Biasanya, setelah semua data di kolom terisi, pihak pengelola situs jual beli tersebut akan melakukan verifikasi. Cara verifikasi yang paling sering digunakan adalah mengirimkan kata sandi/ password ke nomor handphone atau alamat email yang Anda tuliskan di keterangan ketika mendaftar sebelumnya. Lakukanlah LOG IN atau masuk ke akun Anda dengan menggunakan kata sandi yang dikirimkan pihak pengelola.

Mengelola Akun

Setelah memiliki lapak gratis di sebuah situs jual beli online, barulah Anda bisa mengelola lapak Anda, mulai dari melengkapi identitas (alamat, nomor kontak yang bisa dihubungi pembeli, dll.), hingga mengatur ulang tata letak atau tampilan situs sesuai dengan selera Anda. Periksalah hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan, terutama untuk nama toko Anda dan identitas, sebab melalui nomor kontak yang tertera pada indentitaslah calon pembeli akan menghubungi Anda.

Mulai Memposting Produk

Mulailah memposting produk, mulai dari foto produk yang akan dijual, keterangan mengenai spesifikasi produk tersebut, mulai dari nama barang, jenis, bahan/ material, warna, ukuran yang tersedia, harga, dll. Memprosting produk dan menambahkan keterangan spesifikasi produk tidak ubahnya menata barang di etalase dengan memberi keterangan mengenai barang tersebut, terutama mengenai harganya. Postinglah satu produk di satu kolom, agar calon pembeli bisa menemukan mudah barang yang diracarinya di lapak online shop Indonesia yang Anda kelola.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *