Press "Enter" to skip to content

Tips Cermat dan Aman dalam Belanja Online

Kegiatan jual beli online di internet saat ini sedang menjadi trend di Indonesia. Bahkan menurut data yang dirilis oleh Kemenkominfo, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan jumlah transaksi online terbesar di Asia Pasifik. Indonesia hanya berada di bawah China dan India. Jumlah pelaku belanja online yang terus meningkat dari tahun ke tahun dianggap sebagai peluang bagi para pebisnis online. Namun sayangnya, peluang yang sangat besar untuk meraup pembeli dan keuntungan yang sebesar-besarnya ini dimanfaatkan oleh sebagian pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menipu calon pembeli. Saat ini, banyak sekali ditemukan toko online abal-abal yang dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk menipu calon konsumen. Oleh sebab itu, setiap calon pembeli online harus cermat dan hati-hati agar tidak tertipu ketika bertransaksi secara online. Berikut ini adalah tips cermat dan aman ketika belanja online.

Mencermati Identitas Toko Online

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seseorang yang akan belanja online adalah mencermati identitas toko online tersebut. Carilah toko online yang identitasnya jelas, mulai dari nomor kontak hingga alamat pemilik toko. Jika perlu, carilah toko online yang sudah memiliki banyak pelanggan, sebab toko online yang memiliki banyak pelanggan biasanya adalah toko online yang terpercaya. Cermati testimoni orang-orang yang berbelanja di toko online tersebut, apakan testimoni/ kesannya positif atau negatif. Jika banyak ditemukan testimoni yang berisi kekecewaan dari para pembeli, sebaiknya jangan berbelanja di toko online tersebut.

Memperhatikan Beaya yang Harus Dikeluarkan

Ketika melakukan transaksi dengan pihak penjual online, perhatikan detail beaya yang harus Anda keluarkan. Mulai dari harga barang, potongan harga, ongkos kirim, dan jika ada perthatikan pula pajak yang harus Anda bayar ketika akan membeli barang tersebut. Pertimbangkan total beaya yang harus Anda keluarkan. Bandingkanlah dengan total beaya yang harus Anda keluarkan jika membeli produk tersebut di toko online lain. Carilah toko online yang total pengeluaran Anda lebih murah.

Baca juga: Tips Belanja Online Yang Aman Dan Terhindar Dari Penipuan

Metode Transaksi

Perhatikan metode transaksi yang dibebankan oleh pihak penjual. Apakah metode transaksi tersebut memudahkan Anda atau justru sebaliknya. Banyak sekali penjual yang hanya menerima transaksi dengan bank tertentu, atau dengan metode tertentu yang tentu menyulitkan pembeli. Mintalah nomor rekening pihak pembeli yang satu bank dengan Anda agar pajak transaksinya lebih murah.

Jika akan belanja online, sebaiknya jangan membeli hanya satu dua barang, melainkan berbelanja secara kolektif, sebab penjual akan memberikan harga yang jauh lebih murah untuk pembelian kolektif/ partai. Ajaklah teman atau keluarga Anda untuk berbelanja di toko online yang sama untuk meminimaliris ongkos kirim dan agar memperoleh potongan harga. Pilihlah toko online yang alamat pengirimnya lebih dekat dengan alamat Anda, sebab itu akan mengurangi ongkos kirim yang harus Anda keluarkan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *