Press "Enter" to skip to content

Tips Jual Beli Online Produk Gadget

Menjamurnya berbagai toko online merupakan dampak dari semakin meningkatnya jumlah transaksi online dari tahun ke tahun. Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun, tidak heran jika bisnis online mulai diminati oleh para pebisnis yang semula belum bermain di pasar online. Saat ini, berbagai produk dijual di berbagai toko online Indonesia, mulai dari benda mati hingga makhluk hidup seperti binatang peliharaan, mulai dari kebutuhan pokok sehari-hari hingga peralatan kecantikan, dan bahkan benda-benda langka dan unik juga dijual di toko online. Salah satu produk jual beli online yang cukup laris di internet adalah gadget atau gawai. Namun berbelanja gadget seperti handphone secara online memerlukan kepercayaan dari pihak pembeli, sebab risiko barang menjadi rusak atau pecah ketika sampai pada alamat pembeli sangatlah besar. Oleh sebab itu, pembeli gadget secara online harus memiliki trik tertentu agar aman ketika membeli gawai di toko online. Berikut ini adalah tips membeli gadget secara online.

Mempertimbangkan Harga

Ketika membeli gadget secara online, harga harus dipertimbangkan. Ketika berbelanja online, harus diingat bahwa pembeli harus mengeluarkan beaya tambahan berupa ongkos kirim. Kalkulasikan antara harga barang dengan ongkos kirim, jika total beaya tersebut lebih mahal dari toko elektronik yang ada di kota Anda, maka sebaiknya jangan membeli gadget secara online, kecuali gadget tersebut belum masuk atau belum tersedia di toko elektronik di sekitar tempat tinggal Anda.

Jangan Membeli Gadget Second

Hindari membeli gadget second secara online. Jual beli online produk second, terutama barang ringkih seperti gadget dan alat elektronik, sangat berisiko. Tidak ada jaminan tentang kondisi barang tersebut. Sebaiknya, jika harus membeli barang second, belilah secara langsung atau COD (cash on delivery) dengan bertemu langsung dengan pihak penjual. Jangan beli produk second sebelum melihat barangnya secara langsung.

Meminta Jaminan dari Pihak Penjual

Mintalah jaminan berupa garansi dari pihak penjua. Gawai atau alat elektronik seperti handphone atau produk elektonik lainnya sangat berisiko jika dikirim melalui kurir atau jasa ekspedisi. Banyak terjadi alat elektronik sudah dalam kondisi mati ketika diterima atau sampai ke alamat pembeli, padahal barang tersebut adalah barang baru. Kemungkinan terjadi kerusahan ketika proses pengiriman sangatlah besar. Oleh sebab itu, meminta garansi dari pihak penjual harus dilakukan. Jika pihak penjual tidak bersedia memberi jaminan dan garansi, sebaiknya mencari toko online lainnya.

Selain tips-tips yang disebutkan di atas, ketika jual beli online produk gaget, mintalah pihak penjual online untuk mengemas gadget yang akan dikirimnya secara aman, agar potensi kerusakan ketika proses pengiriman dapat diminimalisir. Sebelum pihak penjual mengirim gadget yang Anda pesan, mintalah si penjual untuk mengirim foto barang pesanan Anda yang sudah dikemas sebelum dikirim, sehingga ketika paket tersebut sudah Anda terima, Anda tahu apakah paket tersebut sudah diotak-atik oleh kurir/ jasa ekspedisi atau tidak.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *