Press "Enter" to skip to content

Membuat Situs Beli Online Hemat Modal

Merintis sebuah usaha tentu bukanlah perkara yang mudah dan sepele, terutama bagi pebisnis pemula yang masih sangat minim pengalaman. Dibutuhkan keuletan dan berbagai stategi bisnis yang paling tepat agar bisnis yang dijalankannya dapat menguntungkan. Bagi pebisnis pemula, salah satu media pembelajaran yang paling mudah ditempuh dan banyak digeluti adalah dengan merintis usaha online. Dengan menjalankan bisnis online, beaya atau modal yang dikeluarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan membuka lapak atau toko luring, sebab seorang pebisnis harus mengeluarkan beaya yang tidak sedikit untuk membayar uang sewa toko. Sementara jika berbisnis online, selain tidak perlu mengeluarkan uang sewa toko, pebisnis bisa menjajal peran sebagai reseller (penjual ulang) atau retailer (pengecer) dengan bekerja sama dengan produsen atau distributor yang lebih besar. Berikut ini adalah kiat-kiat membuat situs beli online hemat modal yang bisa dijajal oleh pebisnis pemula atau pebisnis yang tidak memiliki banyak modal.

Menjadi Retailer atau Reseller

Menjadi retailer atau reseller merupakan cara paling mudah dan paling aman dalam memulai bisnis online sebab risiko untuk rugi sangatlah tips. Retailer berarti bertindak sebagai pengecer, yaitu menjadi perpanjangan tangan dari produsen atau distributor yang bertugas untuk mencari pembeli sebanyak-banyaknya, sedangkan untuk barangnya akan dikirimkan oleh supplier. Ketika berposisi sebagai retailer, si pedagang tidak perlu menyetok barang dagangan, sebab semua barang yang dipromosikan adalah barang milik supplier atau tersimpan di gudang supplier, sehingga jika tidak ada pembeli, maka si retailer tidak akan rugi. Berbeda dengan retailer, reseller berarti menjadi penjual ulang, harus menyetok berbagai barang yang dibelinya dari produsen atau distributor.

Meskipun sama-sama mengeluarkan modal yang minim, menjadi reseller cenderung mengeluarkan beaya yang lebih besar dibandingkan dengan menjadi retailer, sebab reseller perlu modal untuk menyetok barang, sementara model yang perlu dikeluarkan retailer hanyalah kouta internet dan berbagai kepentingan promosi untuk memperkenalkan produk yang dijual di situs beli online miliknya.

Mencari Supplier yang Enak

Salah satu kunci agar sukses berbisnis online dengan hemat modal adalah dengan mencari partner bisnis yang enak diajak bekerja sama, terutama mencari supplier yang enak, baik dari segi pelayanan, komunikasi, dan yang tidak memberatkan. Supplier merupakan produsen atau distributor barang yang keberadaannya sangat vital dalam hal pengadaan barang yang diperdagangkan. Para supplier memiliki watak yang berbeda-beda dalam menjalankan bisnisnya, ada supplier yang menargetkan jumlah penjualan tertentu, ada juga supplier yang tidak memberatkan pihak reseller atau retailer dengan target penjualan. Carilah supplier yang meringankan, bahkan kalau bisa carilah supplier yang sistem pembayarannya bermodel setoran bulanan agar Anda tidak terlalu memikirkan modal dan lebih semangat dalam mencapai target pendapatan, sehingga situs beli online yang Anda rintis bisa menghasilkan dan menguntungkan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *