Press "Enter" to skip to content

Kiat Agar Menang Lomba Review Website

Internet bisa dijadikan sebagai mesin pendulang uang bagi orang-orang yang kreatif, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai lomba review yang diadakan oleh berbagai website. Dengan mengikuti lomba, selain bisa mengasah kemampuan menulis, bersaing dengan penulis-penulis review lainnya dapat menjadi tolok ukur sejauh mana kualitas tulisan kita dengan penulis lainnya. Selain itu, jika menang lomba, hadiah yang diberikan penyelenggara tentu akan menjadi semacam reward atau hadiah yang baik untuk memupuk semangat kita dalam berkarya, apalagi jika hadiah yang diberikan cukup besar, mengikuti lomba secara rutin juga dapat dijadikan sebagai lahan penghasilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, memenangkan lomba review website tentu bukanlah perkara yang mudah. Selain ketekunan dalam berlatih agar kualitas tulisan semakin membaik, berbagai hal juga harus dipersiapkan untuk memenangkan lomba tersebut. Berikut ini adalah beberapa kiat agar menang lomba website review.

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Review

Ketika menulis review website, artikel atau tulisan yang dibuat harus bisa menarik dan sistematis, agar maksud tulisan bisa dipahami oleh pembaca, terutama oleh para juri. Hal pertama yang harus diperhatikan terkait tulisan adalah tema tulisan. Biasanya, setiap lomba review memiliki tema tulisan, tulisan yang dibuat tidak boleh melenceng dari tema. Ulaslah sisi yang menarik dari tema tersebut yang mungkin tidak akan terpikirkan oleh penulis lainnya, sehingga tulisan kita memiliki keunikan  dibandingkan dengan penulis lainnya.

Selain tema, gaya bahasa juga harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Ada banyak sekali gaya bahaya yang bisa dicontoh dalam menulis review, ada tulisan yang mengandalkan gaya bahasa yang kaku, tidak jarang pula yang mengandalkan gaya bahasa yang santai. Apapun gaya bahasa yang dipilih, kemampuan dalam memadukan berbagai data secara tepat dan akurat yang dibalut dengan gaya penyampaian yang jernih akan membuat pembaca mudah mengerti dan memahami tulisan yang kita buat.

Baca juga:

Memperhatikan Faktor Artistik

Dalam lomba menulis review di situs web, yang menjadi poin penilaian para juri bukan hanya tulisan, melainkan tampilan website yang kita miliki, terutama postingan kita terkait dengan lomba yang diikuti. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan artistik dengan sebaik mungkin, terutama foto-foto yang akan ditampilkan. Dalam postingan sebuah website, foto bukan hanya berfungsi sebagai hiasan, melainkan juga sebagai penguat tulisan. Jangan asal meletakkan foto jika tidak sesuai dengan tema. Misalkan lomba yang kita ikuti adalah lomba review produk, maka tampilkanlah produk yang wajib direview tersebut dengan seartistik mungkin. Bukan hanya artistik, foto tersebut juga harus merupakan foto original yang kita buat, bukan foto hasil karya orang lain.

Itulah beberapa kiat review website yang bisa diterapkan agar bisa memenangkan lomba review. Banyak-banyaklah mencari referensi tulisan pemenang lomba periode sebelumnya sebagai bahan pembelajaran.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *