Press "Enter" to skip to content

Tips Menulis Website Review Produk untuk Lomba

Review produk kini mulai banyak dilombakan oleh berbagai produsen dan perusahaan untuk mengenalkan produk terbaru mereka. Yang terbanyak, review produk banyak dilombakan dengan cara menulis ulasan dan memberikan penilaian terhadap sebuah produk melalui tulisan di blog atau website. Dengan mengadakan lomba review produk, produsen dapat memperoleh setidaknya dua keuntungan sekaligus. Pertama, produknya akan dibeli oleh calon penulis review, sebab tidak mungkin mereka mengulas sebuah produk tanpa membeli dan mengetahui dengan langsung bagaimana produknya. Kedua, produk tersebut akan dipromosikan oleh banyak reviewers sehingga tulisan atau review yang dibuat oleh peserta lomba akan tersebar dan dibaca oleh orang lain, sehingga produknya semakin dikenal luas oleh masyarakat karena tulisan yang disebarkan di berbagai website. Bagi penulis blog, menulis review produk mungkin adalah pekerjaan yang mudah, namun memenangkan lomba website review tentang sebuah produk bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Beikut ini akan diulas mengenai tips menulis review produk di website untuk diikutsertakan dalam lomba.

Memperhatikan Persyaratan dan Ketentuan Lomba

Persyaratan dan ketentuan lomba merukan hal yang mutlak harus dipenuhi oleh peserta website review yang akan mengikuti lomba review produk. Banyak sekali review produk yang ditulis dengan sangat bagus, namun gagal menjadi pemenang lomba karena ada persyaratan atau ketentuan lomba yang tidak dipenuhi. Oleh sebab itu, ketika akan mengikuti lomba review produk, pastikan bahwa penulis review sudah memenuhi semua persyaratan dan ketentuan, agar naskah lomba yang diikutsertakannya tidak sia-sia. Di antara persyaratan yang jamak dibebankan kepada lomba review produk di website misalnya adalah mencantumkan identitas penulis dengan jelas, menyebarkan link tulisan di situs yang telah ditentukan, dan jumlah minimal kata atau halaman yang harus dipenuhi. Jangan sampai ada persyaratan dan ketentuan lomba yang terlewatkan apalagi sengaja diabaikan.

Baca juga: Review Komputer Terbaru di Bulan Agustus 2016

Menulis Penilaian Secara Objektif

Seringkali, titik terberat yang menjadi poin tertinggi dari penilaian juri lomba review produk bukan soal bagaimana penulis memuji produk tersebut secara berlebihan dan berbusa-busa, melainkan mereview dan memberi penilaian secara jujur dan objektif. Untuk menilai sebuah produk secara objektif, uraikan dulu semua hal penting atau keadaan yang terkkait produk tersebut sebagaimana adanya, misalnya nama produk, jenis, ukuran, warna, rasa, komposisi dan berbagai spesifikasi lainnya. Dari spesifikasi tersebut, barulah penulis bisa memberikan penilaian apa kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Berfoto dengan Produk yang Dilombakan

Di luar tulisan, hal lain yang menjadi penilaian juri lomba biasanya adalah tampilan website dan semua hal yang berkaitan dengan artistik. Hal yang paling mudah untuk mempercantik tampilan halaman yang memuat website review tentang sebuah produk adalah dengan membuat foto yang sangat menarik tentang produk yang dilombakan. Buatlah beberapa foto yang menarik dengan membawa produk tersebut, dengan memakai kostum atau backround yang sesuai dengan produk dan tema tulisan, sebab itu akan menjadi penilaian tambahan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *