Press "Enter" to skip to content

Tips Membuat Review Website

Menjadi penulis dunia digital seperti blogger seringkali mendapatkan job pekerjaan untuk mengulas sesuatu, tak hanya membuat review suatu produk, namun juga membuat review website. Akan tetapi bagi yang belum pernah mengulas website, hal ini tentunya membingungkan, Untuk berikut ini adalah tips untuk membuat ulasan website yang bagus dan menarik:

  1. Pertimbangan Loading Website

Hal pertama yang harus diulas ketika membuat review website adalah melihat loading website. Bagaimana loading website di halaman utama dan di Homepage, hal ini harus diulas karena berpengaruh besar terhadap kinerja website. Apabila tampilan website penuh, maka halaman akan bekerja keras untuk memproses, hal ini karena resource memory yang banyak.

  1. Isi dan Tampilan

Hal selajutnya yang bisa menjadi bahan ulasan website adalah paduan isi dan tampilan website, apakah sudah sesuai ataukah belum. Kemudian nilai juga mengenai keselarasan judul serta isi konten website. Oleh karena itu sebisa mungkin review dengan pandangan dan penilaian yang objektif  dan tidak berbelit-belit dari website yang direview. Buat review yang lugas, tidak bertele-tele, dan tidak terlalu panjang.

  1. Navigasi, Sidebar, Widget, Font, dsb

Target review selanjutnya adalah pada sisi navigasi, sidebar, widget, font, dan lainnya. Apakah jenis font, besaran font dan warna sudah sesuai dan nyaman ketika dilihat, apakah tampilannya membuat mata pembaca lelah ataukah tidak, dan jangan lupa untuk memperhatikan header, sidebar, footer, dan tentunya body konten.

Apabila desain template menarik maka harus dikatakan menarik, dan apabila terdapt kelemahan, maka harus ditulis dengan sejujur-jujurnya. Penulis review haruslah jeli, dan harus bisa menilai dari sisi negatif sekalipun dan tidak perlu sungkan, karena apabila ada kekurangan, hal tersebut juga berkaitan dengan perbaikan bagi website tersebut ke depannya.

  1. Penilaian Tambahan

Dalam menulis review, haruslah fleksibel, salah satunya adalah dengan memberikan tambahan pembahasan tanpa melenceng jauh dari koridor review. Untuk membuat isi review lebih menarik, tak ada salahnya untuk menuliskan kalimat pengandaian, seperti pantun, majas, dan narasi yang mampu memikat pembaca review. Selain menulis kritikan pada website, bisa juga dengan memberikan penilaian positif terhadap website selama sesuai dengan tampilan dan keadaan website tersebut. Misalnya ketika merewiew sebuah website toko online, maka taak ada salahnya untuk menuliskan respon positif dan memberikan bukti bahwa reviewer pernah berkunjung atau berbelanja melalui website toko online tersebut. Dengan menuliskan pengalaman ketika membeli produk di toko online tersebut tentunya bisa menambah bahan review dan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap review yang ditulis.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat review website, harus menyeluruh, harus lugas, dan tentunya harus sesuai dengan kenyataan, tak ada yang dikurangi, dan tak ada yang dilebih-lebihkan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *