Press "Enter" to skip to content

Panduan Membuat Website Review

Mengulas sebuah bacaan, dari sumber manapun, dapat menambah pengetahuan seseorang. Dengan membuat ulasan atau review, seseorang bisa menyusun ulang apa yang telah dibacanya, menyusun poin-poin penting, melakukan interpretasi, dan kemudian membuat penilaian tentang sesuatu yang dibacanya, entah itu buku atau majalah. Seiring perkembangan teknologi, bahan bacaan pun kini semakin beragam, terdapat buku elektronik atau yang disebut dengan e-book, dan bahan bacaan juga bisa diperoleh di website-website yang bertebaran di internet. Melakukan review terhadap sumber bacaan di internet atau website berbeda dengan ketika mereview sebuah buku. Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara mereview website dengan mereview buku, terutama dalam hal pokok-pokok yang akan dijadikan objek bahasan. Variabel ketika membuat website review lebih banyak dibandingkan dengan ketika membuat review sebuah buku. Berikut ini adalah beberapa panduan dalam membuat review website.

Sebelum membuat ulasan sebuah website, pembaca wajib mengunjungi website yang akan direviewnya, memperhatikan secara detail tampilan dan semua unsur dalam website tersebut, mulai dari tampilan, tema besar yang diusung, gaya penyampaian, sidebar, background, dan hal-hal lain yang terdapat pada website tersebut. Kalau perlu, penulis website review harus melakukan berkali-kali kunjungan ke alamat website tersebut agar bahan yang dimilikinya lebih lengkap dan penilaian yang dilakukannya nanti lebih objektif, sebab biasanya penilaian seseorang akan mudah berubah jika hanya menilai dari satu atau dua kali kunjungan. Dengan mengunjungi sebuah website secara rutin, penulis review akan menemukan hal-hal baru yang semula barangkali terlewatkan dan tidak disadari. Secara garis besar, terdapat tiga hal yang perlu diulas ketika membuat ulasan sebuah website.

Pertama, tema website. Website yang baik mesti memiliki tema besar, di mana setiap hal dalam website tersebut akan disesuaikan dengan tema, mulai dari konten hingga background website tersebut. Jika ada hal-hal di dalam website tersebut tidak sesuai dengan tema, maka poin tersebut bisa menjadi kelemahan. Tema besar website tersebut bisa dijadikan pondasi penulis ketika akan melakukan review. Dengan mengetahui tema besarnya, maka bangunan tulisan bisa dijabarkan dengan berangkat dari tema yang diusung.

Kedua, konten. Konten merupakan inti dari sebuah website. Konten website lebih sering berupa tulisan, namun tidak jarang juga berupa video dan foto-foto. Konten merupakan hal utama yang harus diulas ketika melakukan review website. Hal-hal yang berkaitan dengan konten yang dapat dijadikan sebagai bahan kritikan misalnya adalah gaya penulisan, kedalaman tulisan, kekuatan referensi tulisan, dan validitas isi tulisan. Konten website yang baik harus memiliki ciri khas dan keunikan sehingga membedakan website tersebut dengan website lain.

Ketiga, tampilan. Tampilan merupakan nilai tambah dalam melakukan website review. Hal-hal yang berkaitan dengan tampilan misalnya adalah sidebar, header, footer, navigating, background, dan layout. Tidak semua website memiliki tampilan yang menarik dan membuat pembaca betah berlama-lama tinggal untuk membaca di website tersebut. Tampilan pada website yang bisa dijadikan poin review lainnya adalah jenis font dan ukuran font, sebab font mempengaruhi kenyamanan pembaca.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *