Press "Enter" to skip to content

Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Online Shop Indonesia

Perkembangan teknologi beberapa tahun terakhir memang begitu pesat, khususnya dalam dunia internet. Hal ini tentunya berdampak pada kemudahan-kemudahan yang didapatkan pengguna internet, salah satunya adalah adanya kemudahan dalam berbelanja online. Perkembangan online shop Indonesia memang terbilang meningkat drastis, meski begitu ada beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai dunia online shop di Indonesia:

  1. Meningkatnya Pengguna Internet

Perkembangan online shop Indonesia berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, apalagi setelah pemerintah mencanangkan adanya program internet yang murah bagi rakyat. Saat ini tak hanya masyarakat kota saja yang sudah akrab dengan internet, akan tetapi masyarakat desa pun sudah banyak yang bisa mengakses internet. Pada tahun 2013, menurut data Menkominfo ada sekitar 30% dari total rakyat Indonesia yang sudah memakai internet, dan dieprkirakan pada tahun 2016, data tersebut sudah mengalami peningkatan. Adanya data ini tentunya membuat pelaku bisnis e-commerce semakin memiliki peluang yang luas untuk mengembangkan bisnisnya.

  1. Meningkatnya Perekonomian Masyarakat

Tak bisa dipungkiri bahwa perekonomian masyarakat Indonesia mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Adanya peningkatan perekonomian ini tentunya berimbas pada semakin meningkatnya pula daya beli masyarakat Indonesia. Untuk perekonomian makro saja, pertumbuhannya mencapai 5%, sehingga ini memberikan angin segar bagi pebisnis online.

  1. Transaksi E-Commerce Tertinggi

Dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya, transaksi belanja online yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah yang tertinggi. Apabila transaksi online ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, maka dipastikan bisa menjadi yang tertinggi di kawasan Asia. Salah satu faktor yang mendukung adanya bisnis e-commerce ini adalah keberadaan Indonesia sebagai negara kepulauan yang mana jarak antar satu kota dengan kota yang lainnya cukup jauh. Sehingga dengan adanya toko online memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan suatu barang yang dibutuhkan dengan harga yang cukup murah.

Meski ada faktor pendukung perkembangan online shop, ada pula beberapa faktor yang menghambat perkembangan online shop di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Rendahnya Kepemilikan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Faktor penghambat perkembangan e-commerce di Indonesia adalah rendahnya kepemilikan kartu kredit dan kartu debit di masyarakat masih tergolong rendah. Dari total masyarakat Indonesia, kurang dari 50% masyarakat yang memiliki kartu debit dan kartu kredit.

  1. Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap E-Commerce Masih Rendah

Masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan sistem perdagangan langsung atau tatap muka dengan pedagang, sehingga masih banyak masyarakat yang enggan untuk melakukan pembelian secara online. Apalagi hingga kini banyak oknum tak bertanggungjawab yang melakukan penipuan lewat modus online shop. Sehingga membuat masyarakat tidak terlalu percaya dengan e-commerce.

Itulah beberapa faktor pendukung serta penghambat online shop Indonesia. Untuk faktor pendukung tentunya harus ditingkatkan, dan untuk faktor penghambat yang ada perlu adanya kerja sama pemerintah untuk mendukung para pebisnis e-commerce untuk meningkatkan bisnisnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *