Press "Enter" to skip to content

Situs Jual Beli Online Terbesar di Dunia

Tidak dipungkiri dengan hadirnya situs jual beli online mempermudah kita dalam aktivitas belanja. Dalam artikel ini kita akan membahas nama-nama situs online yang popular dan terbesar di dunia.

Amazon

Situs jual beli online yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini merupakan toko online dari Amerika yang kantornya berpusat di Seattle. Awalnya Amazon hanya menjual buku saja, namun seiring waktu kategori penjualannya merambah ke produk yang sedang trand, seperti: barang-barang elektronik dsb.

Amazon memiliki situs ritel terpisah mulai dari Amerika Serikat, Irandia, Prancis, Kanada, Inggris, Spanyol, Australia, Jepang, Cina, Meksiko, India, Brazil dan Italia. Situs ini juga memberikan pelayanan internasional ke beberapa negara tertentu.

Ebay Inc

Perusahaan multinasional dan e-commerce ini merupakan perusahaan Amerika yang berpusat di San Jose California. Situs jual beli ebay didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar yang memberikan pelayanan penjualan melalui internet dengan metode C2C (customer to customer) dan business to customer.

Saat ini situs ebay sudah beroprasi ke lebih 30 negara dan bernilai hingga miliaran dolar. Di situs ini semua orang bisa berbisnis dengan cara membeli atau menjual berbagai jenis barang dan jasa. Selain penjualan secara lelang, situs ini mencakup “Buy Now”, belanja by UPC, ISBN atau penjualan jenis lainnya., iklan baris, online trading acara tiket dan layanan lainnya. Sebelumnya ebay menawarkan transaksi dengan cara transfer uang online atau via Paypal.

Taobao

Situs jual beli berikutnya datang dari negeri Cina, yaitu Taobao. Situs ini hampir mirip dengan amazon, ebay dan rakuten. Situs yang didirikan oleh Alibaba Group sudah berdiri seja tahun 2003.

Situs ini menggunakan sistem costumer to costumer yang menyediakan platform untuk pengusaha individu dan usaha kecil. Pada tahun 2013 situs ini menjadi salah satu dari 10 situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia berdasarkan perhitungan dari Alexa.

Alibaba

Selain Taobao, situs jual beli di Cina yang popular adalah Alibaba. Perusahaan e-commerce asal China ini menyediakan layanan penjualan dengan 3 metode, yaitu: costumer to costumer, business to costumer dan business to business. Situs ini menyediakan pembayaran dengan elektonik dan komputasi awan data centric.

Situs ini berdiri sejak tahun 1999 oleh Jack Ma. Pada tahun 2012 dua portal Alibaba menghasilkan penjualan sebesar 1,1 triliun atau $170miliar. Salah satu toko online popular di Indonesia, Lazada sudah di beli sahamnya oleh perusahaan Alibaba sebesar $1miliar atau setara dengan Rp 13,2 triliun.

Selain situs-situs tersebut masih ada situs jual beli online lainnya yang terkenal di dunia, yaitu: Tmall dari China, Flipkart dari Singapura, Snapdeal dari India, Walmart dari Amerika, Bestbuy dari Amerika dsb.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *