Press "Enter" to skip to content

Situs Web Terbaik yang Menampilkan Sastra Berbahasa Indonesia

Membaca karya sastra dapat dijadikan hiburan untuk mengisi waktu luang. Selain dapat memperoleh pengetahuan baru, membaca karya sastra dapat membuat imajinasi kita berkelana ke tempat-tempat jauh yang sulit terjangkau dengan fisik kita. Saat ini, membaca karya sastra tidak hanya bisa dilakukan dengan cara membaca buku. Seiring perkembangan teknologi internet, kini semakin banyak ditemukan situs-situs sastra yang bisa dijadikan tempat untuk membaca karya sastra terbaik. Berikut ini adalah beberapa situs web terbaik yang menampilkan karya sastra berbahasa Indonesia, baik karya penulis Indonesia asli maupun karya terjemahan dari penulis luar negeri.

  1. Lakonhidup (WordPress)

Jika Anda mencari situs web terbaik yang mengarsip cerita pendek yang dipublikasikan oleh berbagai koran berskala nasional yang dimuat setiap akhir pekan, maka blog Lakonhidup (wordpress) merupakan situs yang harus Anda kunjungi. Lakon hidup termasuk blog yang paling rajin dan bahkan hampir tidak pernah absen mengarsip cerpen yang dipublikasikan di media massa setiap minggu. Blog yang memiliki tagline atau nama header “Cerpen Koran Minggu” ini mempublikasikan cerpen-cerpen yang sudah dimuat di media tanah air seperti Kompas, Republika, Jawa Pos, Suara Merdeka, Koran Tempo, dan Media Indonesia. Titimangsa waktu penerbitan dan nama koran yang mempublikasikan cerpen-cerpen tersebut juga cukup rinci, sama persis dengan apa yang ditampilkan di koran.

Jika Anda ingin mencari cerpen berdasarkan nama pengarang, blog ini juga cukup rapi membuat list nama cerpenis Indonesia. Selain itu, blog ini juga mencantumkan alamat redaksi semua media, baik koran ataupun majalah Indonesia yang menerima kiriman cerpen, beserta cara pengirimannya. Blog ini merupakan bacaan wajib bagi Anda yang ingin mengetahui tentang apa dan bagaimana cerpen koran itu. Blog ini dikelola oleh Setta SS, penggemar karya sastra juga menulis cerpen, opini, dan oase di berbagai media massa.

  1. Fiksilotus (com)

Jika Anda ingin mencari cerpen-cerpen terjemahan dalam bahasa Indonesia, maka situs Fiksilotus (com) wajib Anda kunjungi. Situs web yang memiliki tagline “Kumpulan Cerpen Klasik Dunia” ini menampilkan terjemahan cerpen-cerpen klasik yang merupakan cerpen terbaik sepanjang masa dari penulis-penulis kenamaan dunia yang namanya sudah menjadi legenda.

Cerpen-cerpen klasik (bahkan tidak jarang juga situs ini menampilkan cerpen-cerpen terbaru penulis modern) tersebut diterjemahkan secara apik oleh Maggie Tiojakin, pemilik sekaligus pengelola situs web ini. Tidak hanya menampilkan terjemahan cerita pendek, di situs ini kita juga bisa menemukan berbagai wawancara dengan penulis cerita pendek terkemuka dunia, proses kreatif mereka, hingga profil singkat para pengarang. Maggie Tiojakin yang kini bermukim di Jakarta ini merupakan  penulis, editor dan translator yang sudah menerbitkan dua kumpulan cerita pendek dan satu novel. Tidak berlebihan jika Fiksilotus dimasukkan sebagai salah satu situs web terbaik yang menampilkan karya sastra dalam bahasa Indonesia

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *