Press "Enter" to skip to content

Kiat Membuat Situs Bagus dengan Banyak Pengunjung

Situs atau website merupakan halaman maya di internet yang menampung banyak sekali data. Jika internet diibaratkan sebagai sebuah dunia yang maya, maka situs atau website bisa diibaratkan sebagai rumah, museum, dan pertokoan yang meramaikan dunia maya. Tanpa adanya website atau situs, maka dunia maya atau internet sama saja dengan dunia yang kosong. Situs web itulah yang memberikan berbagai informasi, data, dan bahkan foto dengan ciri khas dan gaya masing-masing. Di internet, terdapat jutaan website dengan berbagai bahasa, dengan kegunaan dan fungsi masing-masing pula. Ada situs yang sifatnya pribadi, dan ada juga situs yang sifatnya umum. Membuat situs di dunia maya sudah menjadi trend di kalangan pengguna internet, terutama situs pribadi atau blog. Namun sayangnya, sebagian besar dari situs probadi atau blog itu hanya menjadi sampah di dunia maya karena tidak diurus dan tidak dikelola dengan baik. Kebanyakan situs pribadi yang menjadi situs sampah di internet terjadi karena situs tersebut tidak menarik, baik secara konten atau tampilan. Berikut ini adalah kiat-kiat membuat situs bagus agar dikunjungi banyak pembaca.

  • Memiliki Keunikan dan Ciri Khas

Situs atau website yang memiliki banyak pengunjung adalah situsn yang berkarakter, memiliki ciri khas dan keunikan tertentu. Sebaliknya, situs yang tidak memiliki ciri khas akan ditinggalkan oleh pembaca. Lalu, bagaimana agar situs yang kita buat bisa memiliki keunikan dan karakter tersendiri sehingga memenuhi klasifikasi sebagai situs bagus? Yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan tema. Situs yang kita buat harus memiliki tema, misalnya, jika kita memilih “Humor” sebagai tema blog kita, berarti blog atau situs kita tersebut harus berisikan konten atau postingan yang mengandung humor, yaitu tulisan yang lucu dan menghibur pembaca.

Jangan memposting tulisan bertema acak, sebab situs kita tidak akan memiliki ciri khas dan keunikan. Dengan tema, kita memiliki garis besar tentang apa saja yang bisa diposting di blog kita, misalnya dengan tema “Humor”, kita bisa menulis dan memposting kejadian konyol sehari-hari hingga cerita lucu dari teman-teman.

  • Jangan Mengcopy-Paste Tulisan Orang

Mengcopy-paste tulisan orang dari blog lain atau menjiplak merupakan tindakan plagiasi yang sangat keji. Mengklaim hasil kerja orang lain untuk diposting di situs kita adalah perbuatan yang jahat, dan hukumnya sama saja dengan mencuri. Adalah suatu hal yang sia-sia jika membuat situs sementara tulisan-tulisannya hanya menyalin tulisan yang sudah ada di blog lain. Isilah situs pribadi kita dengan tulisan kita sendiri sehingga berbeda dengan tulisan di blog lain.

Satu hal lain yang tidak kalah penting dalam membuat situs bagus adalah, kita harus memposting konten atau tulisan secara teratur. Usahakan untuk memposting tulisan secara berkala, minimal seminggu satu tulisan. Selain untuk menjaga kontinuitas postingan, dengan memposting secara teratur, potensi situs kita untuk dikunjungi dan dibaca akan semakin besar.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *