Press "Enter" to skip to content

Tips Belanja Online Yang Aman, Terhindar Dari Modus Penipuan

Trend belanja online di masyarakat semakin berkembang, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi. Dengan adanya fasilitas belanja online memberikan kemudahan mendapatkan barang atau jasa.

Dulu, untuk belanja kita harus pergi ke departemen shop atau toko, sekarang kita tinggal klik melalui komputer, laptop atau hanya tinggal menyentuh layar smarphone. Semakin banyaknya masyarakat yang memilih belanja online, diikuti dengan semakin banyak bermunculan toko-toko online, bahkan tidak sedikit toko offline (konvensional) yang menggunakan penjualan online.

Belanja di toko online menjadi salah satu solusi terutama bagi Anda yang memiliki rutinitas padat setiap harinya dan tidak memiliki waktu untuk belanja langsung. Namun, Anda harus hati-hati memilih toko online, karena sudah bukan rahasia lagi banyak sekali toko online yang hanya modus mencari keuntungan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengetahui tips aman belanja di toko online agar terhindar dari penipuan.

Pilih Situs Belanja Yang Terpercaya

Hal yang paling penting harus dipertimbangkan jika akan belanja di toko online adalah pastikan situs jual beli yang Anda pilih merupakan situs yang terpercaya dan aman. Pilih situs yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya dalam dunia jual beli online.

Untuk mengetahui situs apa saja yang memiliki kredibilitas baik, caranya bisa mencari informasi yang berhubungan dengan situs-situs belanja, bisa dari review atau bertanya kepada teman, keluarga yang pernah belanja disitus-situs tersebut.

Baca Dengan Teliti Kebijakan Situs

Kebijakan situs belanja tidak semuanya sama, jadi sebelum Anda memutuskan belanja di situs tersebut sebaiknya baca dengan teliti kebijakan yang ditetapkan. Misalnya: mulai dari garansi barang, sistem pembayaran hingga masalah pengembalian uang jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti: barang yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan, barang cacat dsb.

Pastikan kebijakan yang ditetapkan situs tidak merugikan Anda sebagai konsumen dan yang tidak kalah penting adalah pastikan data-data Anda dilindungi, tidak disebarluaskan. Jika sekiranya ada kebijakan yang dapat merugikan, sebaiknya tunda belanja di situs belanja tersebut dan cari situs lainnya.

Jangan Terpengaruh Oleh Harga Murah

Barang yang dibandrol dengan harga murah menjadi daya tarik untuk membelinya. Wajar saja jika konsumen ingin membeli dengan harga murah, namun pastikan harga yang ditawarkan masuk akal. Jika harganya tidak masuk akal sebaiknya tunda membeli produk tersebut karena bisa jadi produknya palsu atau modus penipuan. Oleh sebab itu penting sekali mencari tahu kisaran harga produk dipasaran.

Baca Keterangan Produk

Sebelum Anda memesan barang yang akan dibeli, pastikan baca terlebih dulu keterangan produk. Jangan sampai Anda memesan produk yang tidak sesuai dengan keinginan. Jika ada yang kurang jelas, bisa bertanya secara detail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produk. Dengan demikian belanja online menjadi lebih aman dan menyenangkan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *