Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Review Website untuk Lomba

Kegiatan menulis kini merupakan hobby yang digeluti banyak orang, tidak mengenal profesi dan usia. Semakin mudahnya akses terhadap tulisan, salah satunya yang disebabkan oleh faktor perkembangan dunia internet, membuat banyak orang mulai tertarik untuk menjadi penulis. Imbasnya, kini semakin banyak orang yang gemar menulis, baik untuk dikonsumsi pribadi ataupun dikonsumsi oleh publik luas. Internet menyediakan media yang sangat beragam untuk menyebarkan tulisan, mulai dari blog, situs web, hingga akun media sosial. Banyaknya media untuk mempublikasikan tulisan tersebut memang berpengaruh kepada jumlah penulis yang semakin meningkat. Selain menulis untuk kepentingan senang-senang dan untuk sekadar menjalankan hobby, tidak sedikit juga penulis yang menulis untuk diikutsertakan dalam lomba. Mereka menulis di blog atau akun media lain untuk mengikuti lomba di internet. Salah satu jenis lomba yang banyak diselenggarakan adalah lomba membuat review tentang sebuah website. Berikut ini adalah panduan tentang apa dan bagaimana cara membuat review website untuk lomba.

Mereview merupakan kegiatan mengevaluasi dan memberikan penilaian sekaligus kesimpulan tentang kesan kita terhadap suatu hal. Mereview tidak sekadar merangkum inti dari sebuah pokok bahasan, melainkan juga memberi komentar tentang pokok bahasan tersebut. Dalam melakukan review, salah satu hal yang ditekankan adalah kesan penilai atau pembaca terhadap pokok bahasan tersebut. Begitu pula dengan mereview sebuah website. Review website merupakan kegiatan menilai sebuah website secara keseluruhan, mulai dari konten, rubrik, hingga tampilan website tersebut. Untuk itu, yang perlu kita lakukan sebelum melakukan review adalah membaca secara seksama dan melakukan observasi terhadap website yang akan kita review.

Bacalah konten atau tulisan di website yang kita review untuk menemukan karakter atau gaya dari website tersebut. Semakin sering kita membaca dan semakin banyak tulisan dalam website yang kita baca, maka akan semakin banyak pula bahan kita untuk melakukan review. Penilaian biasanya muncul dari pembacaan yang mendalam terhadap tulisan. Tanpa membaca dan mengobservasi, penilaian dan kesimpulan kita tentang website tersebut bisa salah dan bahkan ngawur.

Selain memperhatikan tulisan atau konten yang merupakan pokok bahasan sebuat website, kita juga harus memperhatikan tampilan website tersebut, mulai dari header, widger, sidebar, bahkan hal-hal yang lebih detai seperti jenis dan ukuran font juga harus kita perhatikan untuk bisa memberikan penilaian yang menyeluruh tentang sebuah website. Gambar header, body konten, dan bahkan desain template juga harus kita perhatikan. Sebab yang membuat sebuah website layak dikunjungi dan nyaman dibaca bukan hanya soal tulisannya saja, melainkan tampilannya secara keseluruhan.

Setelah kita memperhatikan sebuah website secara mendetail, barulah kita bisa melakukan review website. Langkah-langkah dalam menulis review adalah: pertama, menarasikan website tersebut (mulai dari nama, tagline,  hingga tema yang diusung); kedua, menuliskan tentang keadaan website tersebut (mulai dari isi tulisan, tampilan, hingga hal-hal yang lebih detail); dan ketiga, memberikan penilaian atau kesan pribadi setelah melihat dan membaca konten di situs website tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *