Press "Enter" to skip to content

Membeli Barang di Situs Beli Online dengan Aman dan Nyaman

Di Zaman yang semakin canggih ini membuat banyak orang lebih suka membeli barang yang diinginkan atau dibutuhkan secara online lewat dunia maya, dari sekadar membeli selembar hijab, hingga membeli rumah pun sekarang dapat dilakukan secara online. Bukan hanya pembelian lewat media sosial, namun juga pembelia via situs beli online yang kini banya ada di Indonesia.

Adanya situs beli online ini memang sangat memudahkan para konsumen, apalagi di situs jual beli online ini memiliki tipe one stop shopping yang tidak hanya tersedia satu jenis barang saja, namun beragam barang ditawarkan di situs tersebut, dari produk fashion, make up, hingga mobil dan motor.

Akan tetapi, kemudahan tersebut jangan pula dianggap remeh, apalagi untuk orang yang menawarkan produk gadget, motor, mobil, atau rumah, karena sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan lewat situs jual beli online seperti ini. Apalagi jika orang yang melakukan transaksi jual beli tidak bertemu secara langsung. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi jika membeli barang-barang dengan harga cukup mahal. Hal-hal berikut ini perlu dicermati dan dilakukan agar tidak tertipu oleh para penjual atau pedagang abal-abal.

Jangan Tergoda Harga Miring

Harga yang miring atau murah memang menggiurkan, apalagi jika harga barang tersebut di toko begitu mahal, namun yang tercantum di situs online sangatlah murah. Harga tak wajar ini perlu ditelisik lebih dalam, karena bisa jadi barang yang dijual berasal dari black market atau barang hasil curian. Tentunya sebagai pembeli tak ingin berurusan dengan pihak berwajib karena dikenai tuduhan sebagai penadah, bukan? Oleh karena itu, cari barang dengan harga yang wajar.

Cari Lokasi Penjual Terdekat

Pada situs jual beli online, biasanya para penjual atau pedagang menunjukkan lokasi, seperti kota atau kabupaten. Sebisa mungkin pilih yang lokasinya terdekat, hal ini untuk memantau apakah penjual tersebut jujur dan dapat dipercaya ataukah tidak.

Pilih Pembayaran COD

Apabila sudah mendapatkan penjual barang dengan lokasi yang dekat, maka selanjutnya adalah memilih untuk melakukan pembayaran secara COD (Cash On Delivery) dengan bertatap muka langsung dengan penjual. Istilahnya, ada uang ada barang. Jika penjual berkelit dan tak mau melakukan penjualan barang secara COD, maka perlu dicurigai bahwa ada unsur penipuan dalam penjualan. Sistem COD di sini selain untuk memastikan bahwa tidak ada penipuan dalam penjualan, juga untuk memastikan bahwa barang yang dijual sesuai dengan yang dideskripsikan.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbelanja atau membeli barang di situs beli online. Jual beli online memang mudah, namun pembeli pun harus waspada dan berhati-hati, karena para penipu memiliki banyak cara untuk mengelabui korbannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *