Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Melakukan Review Website

Membuat ulasan tentang sebuah website merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh blogger. Review website berisi kesan dan kesimpulan secara umum dari pembaca website tentang situs yang dikunjunginya tersebut, yang merupakan bentuk apresiasi terhadap pemilik atau penulis di website tersebut. Biasanya, pembaca yang merasa terbantu tentang keberdaan sebuah website yang kontennya memberi pengetahuan baru akan memantik pembaca tersebut untuk membuat ulasan. Namun tidak jarang, ulasan sebuah website juga timbul karena rasa kecewa terhadap konten yang ditayangkan sebuah website. Mereview atau mengulas website merupakan kegiatan memberi penilaian, memberikan kritik dan saran secara umum mengenai sebuah website. Selain itu, kegiatan mengulas website juga memiliki manfaat dan tujuan untuk mempromosikan suatu website tertentu agar mendapat kunjungan banyak pembaca. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam melakukan review website.

Menarasikan Gambaran Umum Sebuah Website

Langkah pertama yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan ketika akan melakukan review website adalah menulis gambaran umum tentang website tersebut secara naratif. Sebutkan dengan jelas alamat website tersebut. Selanjutnya, gambarkan tentang tema website tersebut. Sebuah website umumnya mempunyai tema atau topik yang dominan yang dapat dilihat dari tema-tema konten atau postingan website tersebut. Misalnya sebuah website yang khusus mengulas buku, tulislah informasi bahwa website tersebut merupakan website yang secara khusus menampilkan ulasan-ulasan buku.

Selain tema, jelaskan juga mengenai gambaran umum website tersebut. Jika website tersebut terbagi menjadi beberapa tema khusus, sebutkan tema-tema masing-masing lintasannya. Sebagai contoh, website tentang ulasan buku, biasanya membagi temanya sebagai berikut: buku sastra, buku anak, buku agama, dan lain-lain. Menuliskan informasi tentang tampilan atau gambaran website secara umum merupakan pengantar yang baik sebelum memberi penilian.

Baca juga: Peranan Website Review Dalam Memberikan Informasi Kepada Pengguna Internet

Menilai Secara Objektif

Inti dari melakukan review website adalah memberi penilaian, atau menuliskan kesan yang kita tangkap setelah mengunjungi sebuah situs atau website. Membuat ulasan tentang website tanpa memberi penilaian tentu akan hambar, karena pembaca review kita tidak akan memperoleh informasi tentang kelebihan atau kelemahan website yang kita review. Untuk itu, kita harus memberikan penilaian, atau setidaknya kesan kita sebagai pembaca. Sebagai contoh, dengan menuliskan poin-poin kelebihan atau keunggulan website tersebut, juga tidak lupa untuk menuliskan kelemahan-kelemahan atau kekurangannya. Poin-poin penilaian tersebut bisa berupa header, font, warna dasar atau dasboard, desain atau tampilan, hingga tulisan atau kontennya. Penilaian yang kita lakukan harus bersifat objektif atau adil.

Memberikan Rating

Hal terakhir yang tidak boleh terlewatkan ketika kita melakukan review website adalah memerikan rating atau nilai tampilan keseluruhan website yang kita review. Rating yang kita berikan dapat berupa memberikan bintang, mulai bintang satu untuk nilai terendah, hingga bintang lima untuk nilai tertinggi. Rating dapat dijadikan sebagai kesimpulan atau kesan keseluruhan setelah kita melakukan pertimbangan terhadap poin-poin yang menjadi bahan penilaian kita.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *