Press "Enter" to skip to content

Kelebihan dan Kekurangan Belanja atau Beli Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, terjadi pergeseran dari kebiasaan dan gaya hidup manusia. Teknologi yang dirancang untuk memudahkan kehidupan manusia memang memberi manfaat dalam berbagai sendi kehidupan, sehingga mengurangi beban atau tugas manusia dalam kegiatan sehari-hari. Teknologi memungkinkan manusia untuk lebih hemat tenaga, hemat beaya, bahkan hingga berhemat waktu. Salah satu gebrakan terbesar dalam dunia teknologi adalah ditemukannnya teknologi internet, yang memungkinkan manusia memperoleh informasi secara cepat dan instan. Kecanggihan teknologi internet ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah dalam kegiatan jual beli. Jika dulu belanja atau jual beli harus dilakukan secara langsung, yaitu pembeli datang langsung kepada si penjual, dengan teknologi, proses tatap muka tersebut tidak perlu dilakukan lagi, Namun, sebagaimana lumrahnya hal baru dalam kehidupan manusia, jual beli secara online memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan belanja atau beli online.

  • Kelebihan

Dunia online identik dengan hal-hal yang bersifat instan: cepat, mudah, dan simpel. Begitu pula dengan berbelanja online. Dalam jual beli online, transaksi dapat dilakukan dengan mudah den efisien. Pembeli tidak perlu datang jauh-jauh ke toko si penjual. Cukup dengan mengunjungi situs atau laman website si penjual, si pembeli dapat memilah-milih barang yang disukai dan sesuai dengan kriterianya. Kemudian, si pembeli tinggal menghubungi nomor kontak si penjual yang tertera dalam website tersebut. Proses pembayaran pun dapat dilakukan dengan mudah, si pembeli cukup mentransfer sejumlah uang melalui ATM, sms banking, atau e-banking. Pembeli tinggal menunggu barang yang dipesannya tiba di alamat rumah diantarkan kurir atau jasa pos.

Baca juga: Hukum Jual Beli Online Menurut Islam

  • Kekurangan

Meski menawarkan banyak kelebihan dan kemudahan dalam proses transaksinya, jual beli secara online juga memiliki banyak kekurangan dan sisi negatif. Dalam transaksi online, pembali tidak dapat melihat, menyentuh, dan memeriksa secara langsung barang yang akan dibelinya, sehingga jika terjadi kekurangan atau cacat produksi dari barang yang akan dibelinya tersebut, si pembeli tidak akan mengerti. Semua informasi tentang suatu barang hanya diketahuinya dari keterangan yang tertera di situs atau website, atau bersumber dari pihak penjual saja. Jika ada penjual yang tidak jujur menampilkan kriteria dan spesifikasi sebuah barang, maka pembeli rentang dirugikan. Tidak hanya itu, banyak sekali penjual-penjual online yang melakukan modus penipuan dengan jualan online tetapi tidak pernah mengirimkan produk yang dipesan si pembeli meski sudah mentransfer sejumlah uang.

Berbelanja produk secara online atau beli online memang menawarkan banyak kemudahan. Namun, jangan sampai kemudahan tersebut justru menjadi bumerang dan membuat kita merasa rugi karena tidak hati-hati dalam memilih toko atau lapak yang benar-benar bisa dipercaya. Carilah penjual yang benar-benar terpercaya, yang memberikan nomor kontak dan alamat asal yang jelas agar jika sewaktu-waktu kita memiliki keluhan tentang barang yang kita pesan, kita dapat melakukan komplain dengan menghubungi nomor kontak tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *