Press "Enter" to skip to content

KATEGORI ONLINE SHOP INDONESIA

Seperti perniagaan yang bisa Anda lihat di sekitar Anda, dalam dunia maya Anda juga akan melihat perniagaan yang sama. Ada kategori yang bermain di sana, tidak hanya terjadi di satu kota, satu negara. Semua kota dan semua negara melakukan itu. Kategori dalam perniagaan di dunia maya akan menjadi lirikan yang berbeda pada setiap orang, tidak terkecuali kategori online shop Indonesia. Jadi yang perlu Anda perhatikan adalah mau bertemu dengan kategori yang seperti apa?

Memangnya kategori online shop Indonesia itu penting? Iyalah, tapi bukan hanya di Indonesia saja, ya. Semua negara seperti itu, hanya saja di sini kita akan fokus mengarah ke negeri kita sendiri, dong. Yuk, simak kategorinya:

  • Produsen

Tahu dong kalau produsen itu bisa dikatakan sebagai posisi paling atas dalam sebuah produksi barang yang akan dipasarkan. Produsen ada yang hanya menyediakan bahan baku saja, ada juga yang sekalian memproduksi barangnya. Kalau sudah memproduksi, jumlahnya sangat banyak satu model saja. Anda ingin mencoba satu produk saja? Ada yang menyediakan dan ada yang tidak. Tergantung ketentuan si produsen itu sendiri.

Hanya saja, kebanyakan, dari produsen ini akan dilempar ke cabang-cabang yang akan memasarkan produk-produknya. Jadi dia tidak menangani pembelian produk yang hanya satu atau dua. Dibuat system seperti itu, sebenarnya untuk memudahkan proses penjualan.

Nah, kalau Anda salah satu yang memiliki modal sangat besar atau masuk dalam modal yang ditentukan produsen, sebaiknya Anda langsung membelinya dari sana. Kenapa? Ya karena harganya jauh lebih murah, sehingga Anda bisa mendapatkan margin lebih besar, dibandingkan Anda membeli satuan dan dijual kembali.

Baca juga: Hukum Jual Beli Online Menurut Islam

  • Supplier

Barang yang berada di tangan ini, biasanya bisa dibeli serian (sekitar 3-6 baju dalam satu model) atau satuan. Tergantung supplier tangan berapa. Dan harga antara satuan dengan serian pun berbeda. Satuan lebih mahal dibandingkan serian. Kalau memang Anda mampu membeli serian, lebih baik Anda mengambil yang ini. Tapi kalau dana terbatas, maka ambil yang satuan.

Bagaimana kalau ingin membeli campur dengan banyak model? Silakan ajukan pertanyaan itu pada supplier. Biasanya ada ketentuan yang diberlakukan dalam system yang mereka jalani. Anda tinggal mengikuti system tersebut. Atau kalau memang Anda ingin menjadi salah satu supplier, Anda bisa menentukan system untuk semua customer atau partner kerja Anda.

  • Pengecer

Dari urutan perdagangan, yang paling bawah tingkatannya dalam transaksi jual beli, antara pedagang dan pembeli satuan adalah pengecer. Meski satu produk harganya lebih mahal dibandingkan per/satuan tapi harus membeli sekian produk, tapi tetap saja banyak orang membutuhkan barang dari pengecer.

Jangan salah tanggap dulu untuk posisi pengecer, selama produk itu benar-benar original. Hanya saja dijual eceran karena lebih sedikit uang yang dikeluarkan dari dompet dibandingkan membeli langsung ke produsen atau supplier.

Semoga tiga kategori online shop Indonesia bisa Anda pilih salah satunya untuk Anda jadikan sebagai posisi dalam perniagaan yang akan Anda kelola. Selamat memilih dan mencobanya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *