Press "Enter" to skip to content

Tips Mencari Tahu Situs Beli Online Yang Aman dan Tepat

Belanja online adalah bisnis besar hari ini, dengan semakin banyak konsumen di seluruh dunia beralih ke portal-portal online penjualan barang untuk membeli barang. Mari kita hadapi itu, ada beribu-ribu alasan di dunia bagi masyarakat untuk berbelanja secara online di situs beli online yang bertebaran di internet. Mereka selalu memberikan penawaran-penawaran yang ada. Produk-produk yang akan menarik anda untuk membuka portal online mereka. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam bertransaksi di sebuat porta website jual beli online. Agar Anda tidak mudah tertipu atau kecewa, saat membeli sebuah barang. Berikut tips mencari tahu situs beli online yang aman dan tepat.

1. Gunakan Website Familiar

Mulailah belanja online dari situs beli online yang terpercaya daripada berbelanja dengan website yang kurang familiar.

2.Tetap dengan merek terpercaya yang memiliki reputasi yang kuat

Dengan mempunyai merek-merek populer di dalam website jual beli online tersebut adalah saran baik saat berbelanja online. Tidak hanya itu saja. Anda harus tahu apa yang Anda inginkan adalah barang yang berkualitas dan harga yang memang terjangkau,

3.Gunakan kartu kredit dan layanan pembayaran yang aman, bukan kartu debit

Sebagai aturan umum, kartu kredit, dibandingkan dengan kartu debit, menawarkan konsumen perlindungan tambahan saat belanja online. Keuntungan utama yang terakhir adalah bahwa rekening kartu kredit sama sekali tidak terkait dengan dana apa pun yang Anda benar-benar memiliki. Menurut National Cyber Security Initiative “Tidak seperti kartu debit, kartu kredit mungkin memiliki batas pada jumlah moneter Anda akan bertanggung jawab untuk membayar jika informasi Anda dicuri dan digunakan oleh orang lain”

Baca juga: Pedoman Cara Beli Online Yang Aman

Demikian juga, dengan menggunakan layanan pembayaran online yang aman, seperti yang ditawarkan oleh PayPal, yang dianjurkan. Keuntungan dengan penyedia layanan ini adalah bahwa mereka bertindak sebagai semacam orang tengah, dimana Anda menyampaikan pembayaran kepada mereka – yaitu PayPal.    

  1. Melihat URL http website online tersebut

https, yang dikembangkan oleh Netscape, adalah sebuah protokol keamanan online yang mengenkripsi informasi sehingga data dapat disimpan pribadi dan dilindungi. Dalam kebanyakan kasus, teks dalam URL yang diawali dengan simbok (jika ini hilang, website harus diperlakukan dengan hati-hati). Website yang menggunakan https aman karena mereka menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) untuk mengenkripsi informasi yang didistribusikan secara online, seperti rincian kartu kredit Anda.

  1. Menggunakan data operator jaringan pribadi

Wi-Fi publik tidak diragukan lagi sesuatu yang kita harapkan untuk mengakses internet dengan sedikit atau tanpa biaya selaras dengan cara terhubung hidup kita. Namun, ketika Anda sedang bertransaksi membeli sesuatu di situs beli online, semua kenyamanan yang dilengkapi dengan Wi-Fi publik dapat dibayangi oleh banyak risiko yang terkait dengan layanan ini. Anda akan terkejut melihat betapa tidak aman banyak hotspot sebenarnya dan betapa mudahnya mereka untuk menyerang. Ada banyak solusi untuk mengatasi kerentanan terkait dengan Wi-Fi publik, tapi, secara umum, memilih untuk menggunakan data yang disediakan oleh operator jaringan Anda ketika akan online.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *