Press "Enter" to skip to content

Kelebihan Jualan Online vs Kelebihan Jualan Offline

Kelebihan jualan online

  1. Karena jualan online berarti menjual langsung ke konsumen, Anda tidak perlu membagikan margin keuntungan Anda kepada perantara seperti grosir, distributor atau pengecer, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari setiap barang yang dijual.
  1. Konsumen Anda bukan hanya orang-orang yang secara fisik bisa datang ke toko Anda. Anda dapat jualan online kepada semua orang di dunia melalui website Anda. Apalagi Internet buka 24 jam, sehingga orang dapat membeli produk Anda kapan saja, siang atau malam.
  1. Anda tidak perlu stok barang dalam jumlah besar karena Anda hanya menampilkan foto produk di website Anda kepada konsumen. Bahkan, jika Anda memiliki sistem pasokan yang baik, Anda dapat memesan barang dari pemasok saat ada pesanan saja sehingga hampir tidak diperlukan stok sama sekali.
  1. Anda dapat langsung menambah atau menghapus produk dari website Anda dan merespon perubahan tren pelanggan dengan sangat cepat.
  1. Memulai jualan online itu jauh lebih murah daripada membuka toko, yang memerlukan biaya yang cukup besar seperti sewa tempat, listrik, pemeliharaan, dan asuransi.
  1. Jualan online bersifat fleksibel. Anda bisa bekerja dari rumah, atau bekerja pada jam kerja yang tidak biasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Anda tidak perlu hadir secara fisik untuk menjual produk kepada pelanggan. Anda dapat mengatur bisnis e-commerce Anda agar bisa otomatis memroses pesanan dengan input minimal dari Anda. Anda bahkan bisa menjalankan bisnis online Anda pada waktu luang di malam hari dan akhir pekan sambil tetap bekerja purna-waktu di tempat lain.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Jualan Online di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Kelebihan jualan offline

  1. Konsumen dapat melihat produk dan mencobanya sebelum membeli, sehingga kecil kemungkinan mereka kecewa dengan produk yang dibeli.
  1. Jika produk cacat, konsumen dapat dengan mudah membawanya kembali ke toko. Beda dengan jualan online yang memerlukan sistem pengiriman dan pengembalian yang benar-benar baik.
  1. Banyak konsumen, terutama yang lanjut usia, lebih merasa nyaman dengan toko fisik karena bisnisnya terasa lebih mapan dan solid.
  1. Jika Anda menjual produk Anda di toko milik orang lain, misalnya di department store atau supermarket, Anda bisa mendapat keuntungan dari branding, iklan, pemasaran dan distribusi mereka. Mereka juga dapat mempromosikan produk Anda lebih luas dengan menjual produk Anda di banyak outlet sekaligus.
  1. Menjalankan sebuah toko membutuhkan keahlian teknis yang lebih sedikit daripada menjalankan website.

6. Dengan begitu banyaknya situs saat ini yang bersaing untuk mendapatkan perhatian mesin pencari, akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan toko yang terletak di jalan utama dibanding dengan website toko di Internet.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *