Press "Enter" to skip to content

Beli Online Lebih Menyenangkan Dari Pada Beli Offline

shutterstock_2452024v42Kita pernah mengalami bahwa teman kita mendapatkan harga gadget lebih murah dibandingkan gadget kita yang berseri sama. Hati kecewa tentu melanda, karena terasa tidak adil untuk diterima. Atau kalian pernah mendengar? Bahwa banyak orang yang mendapatkan tiket kereta lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya? Pasti banyak mendengarnya. Dan hal ini membingungkan beberapa pihak termasuk diri kita sendiri. Ternyata jawaban dari semua ini adalah beli online suatu produk lewat situs tertentu.

Indonesia sebagai negara berkembang yang mempunyai tingkat pendapatan yang rendah, menyebabkan banyak orang untuk dapat memaksimalkan pendapatan tersebut dengan benar. Akibatnya, banyak orang yang ingin mendapatkan diskon atau potongan harga ketika mengkonsumsi sesuatu. Wajar rasanya saat konsumen ingin mendapatkan hal tersebut. Namun tidak banyak pebisnis yang menjual produknya dengan harga miring atau murah. Tidak halnya dengan beberapa situs online yang ada di dunia. Banyak situs yang memberikan penawaran harga fantastis setiap minggunya. Penawaran ini diberikan agar konsumen tertarik untuk membeli produk mereka lewat online.

Bila melihat potensi yang Indonesia punya. Tak heran jika kegiatan bisnis berbelanja dan mengikuti gaya hidup orang telah menjadi gaya orang kekinian. Ini banyak digandrungi oleh kaum muda hingga dewasa. Terlebih lagi melakukan transaksi di dunia maya. Menurut survey yang dilakukan oleh Frost dan Sullivan. Indonesia merupakan negara dengan peningkatan pasar e-commerce terbesar yang ada di dunia ini, dengan rata-rata 17 persen kenaikan nya setiap tahun. Sehingga jual beli online pun menjadi kian meningkat pesat pada saat ini.

Melakukan aktivitas jual beli secara offline sudah agak ditinggalkan oleh sebagian besar orang. Terlebih lagi orang-orang yang memiliki jadwal padat lebih memilih untuk membeli sesuatu dengan mudah, cepat, dan praktis lewat akses internet. Menurunnya minat konsumen untuk membeli sesuatu secara offline, ternyata meningkatkan presentase tentang minat konsumen dalam membeli suatu produk secara online. Ketika berbelanja offline pun, potongan harga yang diberikan hanya pada momentum besar tertentu yang akan muncul beberapa kali sekali dalam setahun. Sedangkan berbelanja melalui situs online tertentu, potongan harga yang diberikan akan ditawarkan setiap minggunya di hari-hari yang ditentukan. Penghematan biaya pun akan dilakukan oleh calon pembeli karena telah mendapatkan harga yang sangat terjangkau dengan produk yang sama, dengan produk yang dijual di toko offline. Dapat ditarik kesimpulan bahwa harga menjadi salah satu perhatian utama konsumen dalam kegiatan keputusan pembelian. Semakin rendah harga yang ditawarkan dengan kualitas dan produk yang sama, semakin tinggi permintaan yang dilakukan oleh konsumen.

Produk yang ditawarkan melalui internet lebih murah karena tidak memerlukan biaya-biaya tambahan. Seperti biaya karyawan, biaya listrik, biaya sewa bangunan, dan biaya yang lainnya. Bertolak belakang dengan sistem jual beli via online. Segalanya hanya berpacu terhadap sistem yang telah diatur oleh pusat. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dan biaya tempuh yang digunakan calon pembeli pun akan berkurang. Jadi dapat dikatakan usaha bisnis ini lebih efisien dan efektif.

Beli online memang lebih memuaskan daripada beli offline. Jika seperti jasa perjalanan, lebih mudah dibawa kemana-mana dengan e-ticket. Jadi ketika hilang, kita tidak perlu takut karena kehilangan tiket. Atau dengan beli secara online produk fashion tertentu. Tidak perlu repot-repot menunggu diskon yang muncul setahun sekali di toko offline. Karena beli melalui situs online akan mendapatkan harga yang sedap dan sesuai untuk dompet kita.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *