Press "Enter" to skip to content

Ulasan Website Review Mempengaruhi Bisnis Online yang Dijalankan

Banyak survey yang menyebutkan bahwa sekarang ini, website review menjadi peranan penting bagi segala bisnis di dunia. Review sebuah web adalah ulasan para konsumen yang telah menggunakan produk tertentu dan mengatakan pendapat sejujurnya di sosial media atau website tertentu. Produk yang di ulas oleh konsumen adalah produk dalam berbagai lini bisnis. Seperti restoran, perjalanan, kosmetik, kendaraan, dan bahkan sampai pada hal yang kurang penting seperti kipas pembunuh nyamuk. Ini dikatakan oleh Direktur Perusahaan berinisial M di Amerika, Ryan Fritzky “bahwa ulasan konsumen berdampak pada bottom line pelanggan bisnis kecil kami, dan kami ingin meneliti seberapa besar dampaknya.”

review website - situs beliDia menemukan bahwa lebih dari 80 persen dari hasil review tidak menunjuk ke situs bisnis mereka. Justru hasil menunjukan bahwa media sosial dan ulasan konsumen telah mempengaruhi pasar. Isu ini semakin benar, karena seringkali ulasan dan rate suatu produk tidak dibenarkan melalui situs asli mereka. Konsumen semakin pintar dan menjadi berani bicara di sosial media. Dengan begitu, ulasan yang sesungguhnya akan mempengaruhi keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh calon pembeli suatu produk.

Beberapa perusahaan dan pebisnis pintar, telah mencoba untuk memulai memberikan produk gratis kepada konsumen yang diikuti oleh banyak orang. Dalam kasus ini kita dapat menemui selebask (selebriti ask fm), selebgram (selebriti instagram), beauty vlogger, dan sebagainya. Ini dimaksudkan agar perusahaan mendapat respon cepat terhadap ulasan yang telah diberikan oleh orang tersebut. Dan dapat melakukan pengembangan terhadap produk mereka dengan pesat.

Website review yang menampilkan ulasan baik maupun buruk terhadap suatu produk oleh perusahaan. Kadang-kadang perusahaan merekrut si pengulas untuk mendapatkan pengalaman yang berkualitas, menjadi duta kampanye, dan pendukung merek. Ini adalah cara efisien dan efektif yang dilakukan oleh perusahaan terhadap pemasaran produk mereka. Konsumen yang biasanya direkrut oleh perusahaan, adalah konsumen yang diikuti oleh banyak orang, dapat mempengaruhi orang lain, dan suaranya benar-benar didengar oleh orang.

Walaupun review web terkadang menampilkan sisi positif dari suatu produk, review web juga banyak menampilkan sisi negatif dari suatu produk. Ulasan yang jujur seperti inilah yang benar-benar mempengaruhi masyarakat. Dari segi konsumen, maupun dari segi produsen. Bagaimana tidak? Bagi para konsumen, mereka akan cenderung membandingkan beberapa produk melalui review web untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dari suatu produk dari produk lainnya. Sedangkan bagi para produsen, mereka akan mengetahui dengan jelas kelemahan produk output mereka dan kelebihan produk output produsen lainnya.

Situs ulasan yang satu dengan yang lainnya tentu menghasilkan ulasan yang berbeda pula. Perbedaan ini akan memudahkan masyarakat dalam melihat segala ulasan yang dibutuhkan dengan bidang yang diinginkan. Situs review restoran tentu berbeda dengan review perjalanan bukan? Sehingga review web telah mengelompokkan beberapa situs seperti situs perjalanan, situs jual-beli, situs bisnis wisata, situs restoran, situs reputasi bisnis, situs penelitian bisnis, situs perlengkapan kantor, situs peralatan elektronik, situs jaringan sosial, dan sebagainya.

Pengguna akses internet akan dengan mudahnya mengakses informasi tentang review web apabila dikelompokkan seperti itu. Karena identifikasi dan berbagai situs yang mencampur adukkan satu macam produk dengan produk lainnya, justru membingungkan para pengguna. Tanpa perlu repot-repot melakukan survey dan pencarian informasi seorang diri, review web menjadi cara pintar tersendiri. Website review merupakan solusi terbaik dari adanya inisiatif para pengguna yang telah mengkonsumsi produk tersebut, dan kebanyakan tidak dibayar sepeserpun.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *