Home Finance Belum Bayar Pajak? Pakai e Billing Saja untuk Bayar Pajak Secara Online!

Belum Bayar Pajak? Pakai e Billing Saja untuk Bayar Pajak Secara Online!

by Erin Nuzulia
e billing 01

Kini, untuk mempermudah membayar pajak secara online, Direktorat Jenderal Pajak menyediakan e Billing. e Billing adalah metode pembayaran secara elektronik dengan basis MPN-G2 yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Dengan cara ini, kamu sangat dimungkinkan untuk membayar pajak secara online.

e billing

Dengan metode ini, pembayaran pajak secara elektronik membutuhkan Kode Billing. Kode Billing sendiri adalah kode tertentu untuk mengidentifikasi jenis pembayaran atau setoran pajak yang dilakukan Wajib Pajak. Dengan sistem ini penyetoran penerimaan negara tidak membutuhkan lagi pembuatan Surat Setoran (SSP, SSBP, SSPB) manual, semua hal tersebut sudah diakomodasi oleh e-Billing.

Syarat pembayaran pajak melalui e-Billing adalah registrasi dari Wajib Pajak pada laman resmi Ditjek Pajak. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka situs sse3.pajak.go.id. Klik menu “Belum Punya Akun” untuk registrasi.
  2. Input data Nama, NPWP, dan email di kolom yang tersedia. Pada kolom yang tersedia, Buat PIN/password dengan jumlah 6 digit.
  3. Ketik ulang PIN/password 6 digit di kolom yang tersedia. Setelah itu, saat captcha muncul, kamu harus menuliskan kombinasi angka dan huruf yang tertera. Klik ikon “Daftar”. Saat muncul kolom bertuliskan “link aktivasi telah dikirim ke email Anda,” klik OK.
  4. Cari pesan dari ebilling@pajak.go.id untuk aktivasi dengan Klik link aktivasi. Jika berhasil, maka laman sse3.pajak.go.id akan kembali terbuka. Kemudian muncul kolom komentar bertuliskan “Anda berhasil melakukan aktivasi” dan klik OK.

Langkah – langkah setelah registrasi berhasil dilakukan adalah melakukan pengisian data di laman sse3.pajak.go.id, sebagai berikut :

  1. Pertama, Login pada situs sse3.pajak.go.id.
  2. Jika berhasil, makan akan berlanjut pada terbukanya laman e-Billing. Wajib pajak harus mengisi sejumlah data yang dibutuhkan.
  3. Klik pada kolom bertuliskan “Isi SSE”. Lalu akan muncul laman Form Surat Setoran Elektronik. Setelah itu, pilih kolom Jenis Pajak dan pilih kategorinya.
  4. Setelah itu, Klik kolom masa pajak, pilih bulan, tahun.
  5. Masukan jumlah nominal pajak di kolom “Jumlah Setor”. Klik ikon “Simpan”. Jika muncul kolom komentar “Apakah data uang diisikan sudah benar,” klik YA Jika muncul kolom komentar “Rekam SSP berhasil,” klik OK.
  6. Setelah itu Klik ikon Kode Billing. Nanti akan muncul kolom komentar, “Pembuatan ID Billing sukses,” lalu klik OK.
  7. Kamu harus perhatikan dua kolom terbawah di layar, berisi angka Kode Billing dan masa aktifnya. Kode Billing tersebut bisa langsung dicetak untuk keperluan membayar pajak. Dengan adanya Kode Billing, maka kamu dimungkinkan untuk membayar pajak melalui kantor pos dan bank.
Baca Juga:  Apa Saja yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menggunakan BCA Bisnis?

Demikianlah cara pakai e Billing untuk bayar pajak secara online. Pembayaran pajak dengan cara online ini diharap dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Karena kini pembayaran pajak tidak lagi hal yang melelahkan dan bertele-tele.

e billing 01

Selain itu, e Billing menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi yang bisa saja terjadi pada pembayaran manual. Transaksi menjadi real time dan data langsung tersimpan di sistem DJP sehingga mengurangi risiko kehilangan data akibat kelalaian dan penyebab lainnya. Demikian cara bayar pajak online menggunakan e Billing.

Kita harus taat bayar Pajak. Ini karena pajak merupakan sumber utama pendapatan negara untuk pembangunan nasional. Apalagi sekarang membayar pajak menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya cara bayar pajak online sehingga membuat hidupmu makin simpel.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More